Beranda Desa Mandiri 25 Desa di Empat Lawang Dapat Program Pamsimas

25 Desa di Empat Lawang Dapat Program Pamsimas

43
0
Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Yendra Kardiansyah (gambar : hariansilampari.co.id)
Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Yendra Kardiansyah (gambar : hariansilampari.co.id)

EMPAT LAWANG — Sebanyak 25 desa mandapatkan bantuan pembangunan sarana dan prasrana air minum dan sanitasi melalui Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2019.

Program Pamsimas ini telah menjadi salah satu program andalan Nasional untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan, terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Untuk Program Pamsimas l dimulai pada tahun 2008 – 2012. Sedangkan sebelumnya Progran Pamsimas II telah lebih dulu dilakukan tahun 2013-2015 lalu, dan berhasil meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat di sekitar 12.000 desa yang tersebar di 233 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid melalui Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Yendra Kardiansyah mengatakan, pada tahun anggaran 2019, pemerintah berencana melaksanakan kembali program Pamsimas. Tak terkecuali juga di Kabupaten Empat Lawang sendiri akan mendapatkan sebanyak 25 desa Pamsimas.

Lanjutnya, tentu saja 25 desa itu memang belum pernah masuk ke Program Pamsimas tahun-tahun sebelumnya. Rencananya pembangunan Pamsimas ini menggunakan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Empat Lawang 2019.

“Alhamdulillah, pada tahun anggran ini, kabupaten kita mendapat jatah pembangunan Pamsimas sebanyak 25 unit di 25 desa dengan total anggarannya sekitar Rp 6 miliiar untuk 25 desa yang akan dibangun Pamsimas tersebut,” terangnya, kemarin.

Masih dikatakannya, penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini ditargetkan tuntas sampai dengan 2022. Pihaknya sangat yakin, Program Pamsimas di Kabupaten Empat Lawang, akan menyentuh seluruh desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang, sehingga penyedian air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat pedesaan dapat terpenuhi seluruhnya.

“Kita upayakan 140 desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang, tersentuh program Pamsimas. Target kita, 2022 akan terpenuhi,” harapnya. (foy/koransn.com)

#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here