Sumsel Maju Untuk Semua
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
H. Alfrenzi Panggarbesi, S.Si., Anggota DPRD Sumsel dari Partai HANURA
H. Alfrenzi Panggarbesi, S.Si., Anggota DPRD Sumsel dari Partai HANURA

Alfrenzi Panggarbesi Awasi Bantuan 400.000 Batang Benih Kopi Unggul Untuk Pagaralam dan Lahat

InilahSumsel.com, Palembang — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Alfrenzi Panggarbesi, menyambut baik program Gubernur Sumsel tahun 2020. Program itu yakni bantuan sebanyak 400.000 batang benih unggul tanaman kopi Robusta dan puluhan ton pupuk kandang kepada Kelompok Tani (Poktan) di Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat. Dia berharap, program ini tepat sasaran dan berkesinambungan.

“Atas nama petani di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam, saya menghaturkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel, Bapak Herman Deru, yang sudah memperhatikan nasib petani dengan memberikan bantuan bibit unggul dan pupuk kandang secara gratis kepada para petani. Bantuan ini tentu sangat bermanfaat, apalagi di masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini.” katanya kepada awak media.

Sebagai wakil rakyat, Alfrenzi Panggarbesi akan mengawasi program bantuan bibit unggul kopi Robusta dan pupuk kandang yang sudah disalurkan oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Sumsel kepada puluhan Poktan pada 6 kecamatan di Kabupaten Lahat dan 4 Kecamatan di Kota Pagaralam itu. Di Kabupaten Lahat, bantuan tersebut disalurkan di kecamatan Tanjung Tebat, Gumay Ulu, Merapi Selatan, Mulak Ulu, Kota Agung, dan Muara Payang. Sedangkan di Kota Pagaralam, dilakukan di Kecamatan Dempo Utara, Dempo Tengah, Dempo Selatan, dan Pagaralam Selatan.

Baca Juga  Herman Deru Minta Izin Pertambangan Pasir Diperketat

“Kami akan pantau pelaksanaan program bantuan bibit kopi unggul gratis ini, sehingga benar-benar tepat sasaran dan berjalan sesuai harapan, yakni membantu petani dalam rangka meningkatkan produksi atau hasil panen.” kata politisi Partai HANURA itu.

Dia menegaskan, sebagai daerah penghasil kopi di Sumsel, Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam, dan Kabupaten Empat Lawang, memang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat, gubernur, bupati, dan walikota. Sehingga hasil dan kualitas kopi dari daerah ini, makin meningkat dan dapat bersaing dengan kopi dari daerah lainnya. “Bersama teman-teman anggota dewan lainnya, saya akan memperjuangkan agar program bantuan bibit kopi unggul dan pupuk gratis untuk petani ini, terus ditingkatkan dan berkesinambungan. Kita minta gubernur, bupati, dan walikota, untuk bersinergis membantu petani.” ujar mantan Staf Khusus Gubernur Sumsel ini.

Baca Juga  Tokoh-Tokoh Penting Hadiri Temu Kangen Keluarga Komering

Alfrenzi Panggarbesi mengatakan, selam program bantuan bibit kopi dan pupuk gratis, dirinya akan meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk memberikan dan memperbanyak pelatihan keterampilan kepada para petani. Misalnya teknis budidaya kopi sambunga atau stack kopi dan pengelolaan pasca panen. “Kita juga akan meminta Bapak Gubernur untuk memberikan bantuan berupa mesin roasting kopi kepada Poktan-Poktan dan para pengusaha kecil bubuk kopi yang saat ini sudah mulai banyak bermunculan.” tuturnya. (ril)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

One comment

  1. Avatar

    Bantuan bibit kopi robusta sm pupuknya di daerah merapi selatan cm stop di desa tanjung beringin aja jdinya gak.merata kan,,, jd dimana bantuan untk 8 desa lagi..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *