Selasa , 16 Juli 2019
Home / Headline / Belasan Ribu APK Di Sumsel Langgar Ketentuan

Belasan Ribu APK Di Sumsel Langgar Ketentuan


Sumsel Maju Untuk Semua

PALEMBANG — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menilai, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang oleh peserta pemilu tahun 2019, tidak memperhatikan estetika dan melanggar ketentuan.

Kepala Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto, mengatakan bahwa saat ini, pihaknya mencatat lebih dari 12 ribu APK yang melanggar ketentuan. Sebagian besar yang melakukan pelanggaran itu adalah Calon Anggota Legislatif atau Caleg.

“Kami mencatat, lebih dari 12 ribuan Alat Peraga Kampanye melanggar aturan dan mayoritas dilakukan caleg. Mulai dari tingkatan DPRD Kabupaten atau Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, sampai ke DPD.” kata Iin Irwanto, saat ditemui di kantornya hari Rabu tanggal 13 Maret 2019, seperti ditulis oleh detik.com.

Iin Irwanto menambahkan, pemasangan alat peraga kampanye yang melanggar ketentuan itu, lebih banyak dilakukan di Palembang yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Bahkan, banyaknya jumlah mata pilih di Palembang, disebut menjadi alasan caleg untuk memasang APK tanpa memperhatikan keindahan kota, jika dibandingkan dengan 16 daerah lainnya di Sumsel.

“Pelanggarannya, lebih banyak kepada jenis etika dari APK itu sendiri. Mulai dari pemasangan di tiang listrik, persimpangan jalan, jalan protokol, dan menggunakan pohon sebagai media kampanye. Akibatnya, keindahan di Kota Palembang menjadi semrawutt.” tuturnya.

Menyikapi kondisi yang ada saat ini, Bawaslu sudah memberikan peringatan langsung kepada semua peserta pemilu atau tim pemenangan. Bawaslu jug Meminta kepada peserta, agar lebih tertib dalam menempatkan APK.

“Sudah beberapa kali diingatkan, agar tidak pasang APK sembarangan. Semua ada batasnya. Kalau tidak ada iktikad baik, maka bakal kami cabut atau dibongkar secara paksa.” tegas Iin Irwanto. (ohs)



About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *