Sumsel Maju Untuk Semua
H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Gedung Polindes yang di Dusun 3/Pancoran Desa Muara Merang, Kecamatan Bayung Lencir.
Gedung Polindes yang di Dusun 3/Pancoran Desa Muara Merang, Kecamatan Bayung Lencir.

Desa Muara Merang Bangun Polindes Di Pelosok, Kembangkan Budidaya Jamur Merang

InilahSumsel.com, Musi Banyuasin — Dusun 3/Pancoran Desa Muara Merang, Kecamatan Bayung Lencir adalah salah satu Dusun yang sulit dijangkau, mesti melewati Provinsi Jambi untuk bisa Ibukota Kecamatan Bayung Lencir. Dampaknya, akses pendidikan dan kesehatan terutama fasilitas bersalin sulit di dapat bagi warga yang ada di sana. Karena itulah Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Merang dan merupakan hasil musyawarah dengan warga, membangun Pondok Bersalin Desa (Polindes).

“Masyarakat minta dibangunkan Polindes karena disana memang sulit mengakses fasilitas bersalin dan berobat, kalaupun akan bersalin atau berobat ke Jambi, perlu waktu 3 jaman dengan jalan yang cukup ekstrem apalagi di musim hujan, jalan tanah” Ungkap Kepala Desa Muara Merang, Trisko, melalui sekdes Dahlan.

Baca Juga  Donasi Muba Peduli Palestina Tembus Rp 1 Miliar

Pihaknya berharap masyarakat Dusun 3/pancoran Muara Merang tidak lagi kesulitan untuk berobat atau bersalin, disana juga sudah ada bidan desa, “bidan Desalah yang akan melayani masyarakat disana, selain untuk bersalin Polindes juga dijadikan tempat berobat” Ungkapnya.

Selain itu Pemdes Muara Merang berhasil membudidayakan Jamur Merang, lokasi tepatnya berada Di RT 13 Dusun 2/Talang Sari. Pemdes memberdayakan kelompok tani melalui Dana Desa, media tanam menggunakan tangkos sawit.

“Jamur Merang ini sudah diproduksi 15 Kg perminggu, kita hadirkan ahli jamur, namanya pak Budi Konsultan Tkhnologi Tepat Guna dari dinas PMD Muba, alhamdulillah berhasil membudidayakan jamur Merang ini” tutupnya. (mubaonline.com)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *