Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Ekonomi / Dinilai Tidak Mampu Perbaiki Kinerja, Dirut Bank Sumsel Babel Diganti

Dinilai Tidak Mampu Perbaiki Kinerja, Dirut Bank Sumsel Babel Diganti


Sumsel Maju Untuk Semua

PALEMBANG — Dinilai tidak mampu meningkatkan kinerja dalam beberapa bulan terakhir, Direktur Utama (Dirut) Bank Sumsel Babel, Muhammad Adil, dicopot jabatannya. Keputusan itu diambil setelah pemegang saham melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) hari Kamis tanggal 29 November 2018, di Kantor Pusat Bank Sumsel Babel Jalan Gubernur H. A. Bastari Kota Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menjelaskan bahwa pada saat RUPS di tahun 2017, Muhammad Adil diberikan kesempatan selama enam bulan untuk memperbaiki kinerja. Namun ternyata, setelah dilakukan evaluasi oleh RUPS, hasilnya tidak menunjukkan peningkatan perbaikan. Seperti penurunan jumlah kredit dan nasabah.

“Pergantian, seharusnya sejak bulan Juni kemarin. Tetapi, karena kesibukan di Sumsel yakni ada Asian Games dan Pilkada, jadi ditunda sampai hari ini.” ujar Herman Deru.

Setelah dilakukan RUPS LB ini, Gubernur yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu berharap, ke depan Bank Sumsel Babel dipegang oleh tenaga yang jelas, setelah fit and propertest. Dirinya juga menegaskan, bank tersebut harus besar dan tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

“Jangan sampai kita menjadi pentonton, karena persaingan sangat ketat, terutama oleh bank-bank nasional. Sementara, kini ini kan tuan rumah, dan wajar saja jika kita menjadi besar di tempat sendiri.” katanya.

Ketika ditanya oleh wartawan mengenai siapa yang akan menggantikan Muhammad Adil, Dia menjelaskan saat ini sudah ada tiga nama yang disetujui dan dua nama yang akan diusulkan kepadanya, yakni Filani Zikri Hasan, Achmad Syamsudin, dan Rudhyanto Mooduto.

“Semuanya memiliki latar belakang di bidang perbankan. Ada yang dari BNI, Mandiri, BRI, dan lain-lain.” ujarnya.

Selain itu, hasil RUPS LB juga memutuskan Komisaris Utama yang sebelumnya dijabat oleh H. Yusri Effendi, digantikan oleh Ir. H. Eddy Junaidi AR. Sedangkan dua direktur lainnya, Samiludin dan Antonius Prabowo Argo, tetap pada posisi mereka masing-masing.

“Kita juga sepakat untuk mempertahankan dan tidak mengganti dua direktur. Bapak Samiludin sebagai Direktur Kepatuhan merangkap Direktur Umum serta Direktur Utama. Bapak Antonius Prabowo Argo juga merangkap jabatan Direktur Operasional dan Pemasaran.”

Berdasarkan RUPS LB, untuk calon Direktur Operasional terpilih tiga nama, yakni Oktiandi, Jhon Isman, dan Dicky Syahbanda. Sedangkan untuk Direktur Kepatuhan, terdapat tiga nama yaitu Muhammad Haikal, Mustakim, dan Edison Marulitua. Sedangkan dua calon Komisaris Independen Perseroan ada dua yaitu Noversa dan Syahputra Satria.

Hasil dari rapat juga memutuskan, memberikan kewenangan dan kuasa kepada Pemegang Saham Terbesar, untuk mengajukan dua dari nama-nama calon Direktur Kepatuhan tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



Hendri Zainuddin Bakal Calon Bupati Kabupaten Ogan Ilir

About Oyong Hairudin

Oyong Hairudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *