Home / MUBA MAJU BERJAYA / Dua Jembatan Baru Bakal Mudahkan Warga Muara Medak, Bangun Polindes Hingga Sport Center
Mega proyek pembangunan jembatan penghubung Dusun Di Desa Muara Medak, dari APBD Pemkab Muba.
Mega proyek pembangunan jembatan penghubung Dusun Di Desa Muara Medak, dari APBD Pemkab Muba.

Dua Jembatan Baru Bakal Mudahkan Warga Muara Medak, Bangun Polindes Hingga Sport Center

Sumsel Maju Untuk Semua

InilahSumsel.com, Musi Banyuasin — Pembangunan di Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin tahun ini benar-benar bergeliat. Tidak hanya berbagai pembangunan fasilitas dan prasarana desa yang bersumber dari dana desa, tahun ini desa terluas di Bumi Serasan Sekate tersebut antar dusun bakal terkoneksi berkat mega proyek dua pembangunan jembatan yang dibiayai APBD Pemkab Muba.

Pemerintah Desa Muara Medak sendiri tahun ini membangun Pondok Bersalin Desa (Polindes) yang berlokasi di Dusun 1, kemudian Pusat Olahraga di Dusun 8, serta gedung Taman Pendidikan Alquran di Dusun 4. “Dengan adanya Polindes, lengkap dengan sarana dan prasarana termasum ruang bersalin, semoga membuat warga lebih senang berobat di Polindes apalagi lebih dekat,” ujar Kades Muara Medak, Marudut Panjaitan.

Keberadaan pusat olahraga juga diharapkan membuat anak-anak muda terutama semakin giat berolahraga serta bisa menyalurkan hobi dan semakin semangat berlatih. “TPA kita bangun agar anak-anak juga tidak habis waktunya bermain HP saja, bisa isi waktu luang dengan belajar agama dan mengaji,” tandasnya.

Baca Juga  Rangkain Giat HAN dan HUT Muba, Thia Yufada Ajak Kaum Ibu Ikuti Seminar Parenting Bersama Kak Seto

Marudut juga berterimakasih kepada Pemkab Muba atas mulai berjalannya mega proyek dua jembatan yang ada di desa Muara Medak. Kedua jembatan tersebut yakni penghubung antara dusun 8 dengan dusun 1 kemudian di dusun 9 membuat koneksi antar dusun yang selama ini terhalang sungai, bisa diakses lewat darat.

“Tentunya membuat cost untuk mengeluarkan hasil bumi seperti karet dan sawit yang selama ini dengan tongkang berbiaya mahal jadi bisa lebih murah kalau lewat darat. Kemudian warga juga termasuk anak sekolah mudah menyeberang, tidak perlu takut resiko tercebur lagi, kemudian silaturahmi antar dusun lebih dekat, serta lebih dekat lagi yang dipelosok untuk ke bayung,” ujar Marudut.

Baca Juga  Puluhan Pedagang Di Gelanggang Remaja Dapat Bantuan Gerobak

Keberadaan jembatan kata Marudut juga membuat upaya penanganan karhutla kedepan juga bisa lebih terbantu, terutama untuk mobilisasi. Marudut juga mengungkap banyaknya areal desa mereka yang terbakar, berimbas kepada warga terutama yang lahannya terbakar.

Pemerintah Desa Muara Medak di tahun 2019 ini, secara bergotong royong menyiapkan bibit bibit tanaman untuk bisa menggantikan tanaman warga yang terbakar. “Bibit yakni untuk petani di RT 05 Dusun 10 yang tanaman nanasnya banyak terbakar diberikan bibit nanas, sedangkan untuk padi dan jagung diberikan ke seluruh dusun yang terimbas kebakaran (dusun 9, 5, 4 dan Dusun 7)” timpal Sekdes Muara Medak, Rais.



Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *