Sumsel Maju Untuk Semua
Enos Akan Lakukan Digitalisasi Sektor Pertanian Untuk Kesejahteraan Petani
Enos Akan Lakukan Digitalisasi Sektor Pertanian Untuk Kesejahteraan Petani

Enos Akan Lakukan Digitalisasi Sektor Pertanian Untuk Kesejahteraan Petani

InilahSumsel.com, OKU Timur — Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) merupakan daerah yang terkenal dengan kawasan lumbung pangan. Sebut saja salah satunya seperti dikawasan Belitang OKU Timur, yang dikenal sebagai daerah penghasil banyak beras.

Menanggapi hal tersebut, calon Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., atau Enos menyampaikan, untuk mempertahankan label  OKU Timur sebagai lumbung pangan di Sumsel bahkan nasional adalah hal yang mutlak terus dilakukan. Namun menurutnya, upaya ini tentu harus diikuti dengan karya nyata melalui berbagai terobosan dibidang pertanian.

“Pertanian tidak hanya fokus pada tanaman padi saja, tapi juga tanaman hortikultura seperti jagung, kacang dan sejenisnya, termasuk palawija dan komoditi perkebunan seperti karet dan sawit. Semua harus dikembangkan dengan berbagai inovasi,” kata Enos, di Kawasan Belitang, Selasa (28/07).

Ia menjelaskan, memasuki era revolusi industri 4.0, berbagai aktivitas termasuk sektor pertanian selalu dikaitkan dengan penggunaan mesin-mesin otomasi yang terintegrasi dengan jaringan internet. Karena itu, ke depan pihaknya ingin melakukan digitalisasi pada sektor pertanian di OKU Timur.

Baca Juga  Lanosin Hamzah : "Teknologi Kunci Kemajuan OKU Timur"

“Selama ini petani kita masih menggunakan sistim tradisional. Kita ingin ada pengembangan ke arah digital, tujuannya selain menekan biaya produksi juga untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” jelas Enos.

Dengan adanya digitalisasi sistim pada pertanian, lanjut Enos, diharapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kinerja petani akan lebih efisien dan mudah. Tentu penerapan digilisasi tersebut, akan dilakukan secara bertahap dengan pendampinan para ahli atau penyuluh.

“Nantinya digitalisasi tidak hanya mencangkup soal penjualan hasil tani saja, namun juga soal bagaimana pengelolahan lahan, pengairan hingga rencana tanam,” tegasnya.

Pihaknya menambahkan, jika kelak dirinya diamanahi menjadi Bupati OKU Timur, selain akan melakukan digitalisasi sektor pertanian, dirinya akan memberikan stimulan bantuan mulai dari peralatan modern hingga pemenuhan pupuk.

Baca Juga  Enos Dicemburui Karena Didukung Herman Deru di Pilkada Oku Timur

Enos pun mengaku, bahwa keluhan para petani yang sering ia jumpai di berbagai kunjungan ke para petani salah satunya adalah ketersediaan pupuk. Apalagi saat ini kondisi ekonomi sedang lumpuh akibat Covid-19, tentu para petani kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

“OKU Timur ini potensinya luar biasa di sektor pertanian. Tinggal bagimana tujuan kita mengolahnya. Yang jelas saya akan berupaya untuk meningkatkan sektor pertanian untuk kesejahteraan petani, ini juga bagian dari misi dan program unggulan kami pasangan Enos-Yudha” pungkasnya.

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *