Home / Advetorial / Festival Gapura Bakal Jadi Agenda Tahunan Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, memberikan kata sambutan pada malam penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada pemenang Festival Gapura tahun 2019 di Griya Agung, hari Rabu tanggal 25 September 2019 (foto : humas pemprov sumsel)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, memberikan kata sambutan pada malam penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada pemenang Festival Gapura tahun 2019 di Griya Agung, hari Rabu tanggal 25 September 2019 (foto : humas pemprov sumsel)

Festival Gapura Bakal Jadi Agenda Tahunan Pemprov Sumsel

Sumsel Maju Untuk Semua

InilahSumsel.com, Palembang — Demi membangkitkan semangat membangun lingkungan serta menjaga kekompakkan dan silaturahmi antar warga, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, memberikan kepastian bahwa Festival Gapura yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia pada Agustus lalu, bakal menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Herman Deru, saat menyerahkan piala tetap, piala bergilir, piagam penghargaan, dan uang pembinaan kepada para pemenang Lomba Festival Gapura yang tingkat provinsi dengan tema Sumsel Maju untuk Semua tersebut, hari Rabu tanggal 25 September 2019 di Griya Agung.

“Manfaatnya, bisa juga menciptakan kebanggaan terhadap budaya dan kearifan lokal di Sumsel. Kemudian, dengan festival ini, bisa juga mempererat persaudaraan, menjaga nilai gotong royong antar warga, bahkan menjaga persatuan melalui karya seni.” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Penyerahaan Hadiah kepada pemenang lomba yakni Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumsel, menjelaskan bahwa festival tahun ini diikuti oleh semua kalangan, mulai dari tingkat RT, RW, Desa, Kelurahan, Organisasi Masyarakat, Dinas atau Instansi, serta komunitas se Sumsel. Terdata, terdapat 76 gapura yang ambil bagian, dari 17 kabupaten dan kota se Sumsel.

Baca Juga  Tugas Berat Menanti Sat Pol PP, Damkar dan Linmas

“Gapura ini, melalui penilaian khusus yang meliputi relevansi tema, orisinalitas ide, nilai seni, estetika, semangat kegotongroyongan, dan kebersamaan. Dimana, waktu pelaksanaannya dimulai sejak 29 Juli dan berakhir 30 Agustus 2019.” jelas Ahmad Rizwan, S.STP., Kepala Dinas Kominfo Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, foto bersama pemenang Festival Gapura tahun 2019 di Griya Agung, hari Rabu tanggal 25 September 2019 (foto : humas pemprov sumsel)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, foto bersama pemenang Festival Gapura tahun 2019 di Griya Agung, hari Rabu tanggal 25 September 2019 (foto : humas pemprov sumsel)

 

Dia pun menambahkan, peserta dari festival ini dibagi menjadi dua zona. Zona pertama terdiri dari Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat, Empat Lawang, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Prabumulih, dan Pagaralam. Sedangkan zona dua, diikuti oleh Kota Palembang, Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

Baca Juga  Herman Deru : "Festival Melemang di Muaraenim Luar Biasa!"

“Juara umumnya adalah Gapura Kampung Cempaka Warna Warni Kota Palembang dan berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar dua puluh juta rupiah.” jelasnya.

Sementara itu, pemenang satu Festival Gapura dari zona pertama yakni Gapura Karang Taruna Seghase Dusun Pagaralam dan mendapatkan uang pembinaan sebesar 15 juta rupiah. Pemenang kedua yang berhak mendapatkan uang sebesar 10 juta rupiah yakni Gapura Masyarakat Desa Sumber Agung Kabupaten OKU Timur. Gapura SMK Negeri 2 Kabupaten Muara Enim, mendapatkan predikat sebagai pemenang ketiga festival tersebut dan menerima uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah.

Sedangkan untuk zona dua, juara pertama didapatkan oleh Gapura Cempaka Warna Warni Kota Palembang, juara kedua diraih oleh Gapura SMA Negeri Terawas Kabupaten Musi Rawas. Juara ketiga, didapatkan oleh Pemerintah Desa Petaling dari Kabupaten Banyuasin. (ohs/adv)



Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *