Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Sumsel Maju Untuk Semua
Herman Deru Hidupkan Lagi Terminal Karya Jaya
Herman Deru Hidupkan Lagi Terminal Karya Jaya

Herman Deru Hidupkan Lagi Terminal Karya Jaya

InilahSumsel.com, Palembang — Sektor pembangunan menjadi salah satu fokus pemerintahan Herman Deru dan Mawardi Yahya dalam kepemimpinannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadikan Sumsel semakin maju.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh pasangan tersebut adalah memanfaatkan terminal Tipe A Karya Jaya Palembang sebagai terminal multi modal. Dimana terminal yang berada di jalan lintas Palembang – Indralaya itu, akan mengintegrasikan angkutan darat, sungai, dan kereta api.

Meski saat ini terminal itu masih merupakan tanggung jawab Kementerian Perhubungan, namun Gubernur Sumsel tidak mempermasalahkan hal itu.

“Justru itu, dengan adanya pembangunan terminal multi modal ini, bertujuan agar terminal tersebut hidup. Jangan bicara ini aset dikelola pusat, provinsi, kabupaten atau kota, dan lainnya. Kita tidak bicara aset, kita bicara ini untuk kepentingan masyarakat.” kata Herman Deru, Gubernur Sumsel, hari Rabu tanggal 5 Februari 2020.

Bahkan, Herman Deru meyakini Kementerian Perhubungan akan mendukung penuh rencana tersebut. Pasalnya, terminal yang saat ini kondisinya sepi, akan kembali bisa dimanfaatkan masyarakat, baik untuk penumpang atau angkutan barang.

Baca Juga  Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Herman Deru Gagas Akademi Kopi

“Mereka senang saja, daripadai ini tidak dimampiri orang. Semua akan terfokus disini, tentu ini akan bermanfaat.” tuturnya.

Dalam rencananya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan membangun akses jalan dari belakang terminal Karya Jaya menuju rel kereta api dan dermaga Sungai Musi yang berada sekitar 300 – 400 meter. Herman Deru pun sudah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar terminal multi moda ini dapat dimanfaatkan.

“Terminal ini nantinya bisa untuk peti kemas, angkutan penumpang dari bus, kereta api, atau sungai. Bisa juga angkutan barang dari kereta api atau sungai.” jelas Herman Deru.

Dalam pengerjaan akses, sarana, dan prasarana yang diperlukan, Herman Deru berencana akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumsel. Selain itu, pihaknya juga akan mengajukan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, jika dana dari APBD tidak mencukupi.

Baca Juga  Herman Deru Do'akan Brimob Maju dan Berjaya

“Atau nanti bisa dengan anggaran dari sumber lain. Yang jelas, kita akan mengkoneksikan sungai, kereta api, dan bus, baik AKAP atau AKDP. Adanya terminal ini, juga untuk mengintegrasikan tiga daerah yakni Ogan Ilir, Muara Enim, dan Palembang. Mengenai waktu penyelesaian pembangunan terminal multi moda ini, diyakini akan lebih cepat rampung dibanding KEK TAA. Tapi bedanya, KEK TAA mengintegrasikan laut, sementara terminal ini untuk mengintegrasikan angkutan sungai.” tandasnya. (ohs/ril)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *