Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Herman Deru Pastikan Jembatan Hanyut di Empat Lawang Segera Diperbaiki

Herman Deru Pastikan Jembatan Hanyut di Empat Lawang Segera Diperbaiki


Sumsel Maju Untuk Semua

InilahSumsel.com, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, langsung merespon cepat putusnya jembatan akibat banjir yang digunakan oleh warga dari beberapa desa di Kecamatan Pasemah Air Keruh (PAIKER) Kabupaten Empat Lawang.

Herman Deru menjelaskan, pihaknya sudah menghubungi Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Republik Indonesia, agar segera memperbaiki jembatan yang memang sudah berusia lama dan kurang layak untuk digunakan oleh masyarakat itu.

“Jembatan ini memang sudah tidak layak. Kita bisa saja anggarkan di APBD Provinsi, tapi bentang sungai ini ada aturannya, bahwa bentang sungai tertentu, kalau tidak salah 60 meter ke atas harus ada izin kementerian. Jadi, Bupati Empat Lawang dan saya, juga sudah ngomong langsung kepada Pak Menteri untuk segera diperbaharui.” katanya usai menghadiri Wisuda Sarjana di Universitas Tridinanti Palembang, hari Sabtu tanggal 27 April 2019.

Dia menyebutkan, jembatan itu memang menjadi akses penting bagi warga dan sudah berusia sekitar 28 tahun. Jembatan tersebut dibangun saat Kafrawi Rahim menjabat sebagai Bupati Kabupaten Lahat, dimana saat itu Kabupaten Empat Lawang masih menjadi bagian dari Kabupaten Lahat.

“Kita juga tidak menyangka, ada bandang yang begitu keras. Hal yang paling penting adalah bagaimana proses ini tetap berjalan. Artinya, pembangunan itu juga sudah disetujui Pak Menteri. Kita akan keroyok sama-sama melalui APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten. Karena, daerah itu salah satu kawasan persawahan yang harus menjadi perhatian khusus.” tutur Herman Deru.

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dua periode itu mengungkapkan, pihaknya akan membuat jembatan darurat secepatnya. Sebab, kalau tidak ada jembatan, akan menjadikan masyarakat di daerah Kabupaten Empat Lawang terisolasi.

“Bencana, tidak bisa diprediksi kapan dia datang dan sebesar apa dia akan datang. Kita harus periksa konstruksinya, karena usia konstruksi per 25 tahun, setahu saya harus diteliti lagi. Sebenarnya, Kabupaten Empat Lawang sudah menganggarkan, cuma terkendala izin yang belum turun. Kemarin, sudah saya konfirmasi ke Pak Menteri, akan segera diterbitkan, apapun itu kita atasi dulu ini.” tegasnya.



Hendri Zainuddin Bakal Calon Bupati Kabupaten Ogan Ilir

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *