Sumsel Maju Untuk Semua
Herman Deru meresmikan Program Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Herman Deru meresmikan Program Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Herman Deru : “Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor untuk Bantu Masyarakat”

InilahSumsel.com, Palembang — Kebijakan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, meringankan beban warganya di masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 saat ini dengan cara memberikan penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor dan Pembebasan BBNKB II mulai tanggal 1 Agustus 2020, mendapatkan respon yang positif dari warga. Bahkan warga rela sejak pagi mengantri di Kantor Samsat Palembang I guna menikmati fasilitas tersebut.

Zaini, warga 19 ilir yang sehari-harinya berdagang ikan, mengaku sengaja datang sejak pagi agar bisa melunasi pajak motornya yang sudah menunggak tiga tahun lebih. Zaini terlihat datang sendiri tanpa ditemani keluarganya.

“Pajak motor ini sudah tiga tahun belum dibayar, karena memang tidak ada uangnya. Kebetulan kemarin dapat selebaran, katanya Bapak Gubernur memberikan pemutihan denda pajak, jadi saya langsung kesini. Alhamdulillah, ini mau saya selesaikan.” ujarnya bersemangat.

Senada dengan Zaini, Mahasiswa dari Kota Lubuklinggau yakni Dede Hidayat, mengatakan bahwa penghapusan denda pajak kendaraan yang diberikan oleh Gubernur Sumsel sangat membantu. Karena, dengan pemutihan itu, dirinya yang membayar pajak dan denda sebesar 350.000, menjadi lebih murah yakni 215.000.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Do'akan TNI Semakin Maju Dan Jaya

“Memang baru sih telatnya, cuma ya tetap di denda. Makanya, pas lihat di medsos dua minggu lalu, bakal ada pemutihan denda pajak, sangat senang sekali dan langsung cepat-cepat bayar. Kalau besok-besok, mungkin ramai, makanya hari ini saja.” jelasnya seraya menambahkan bahwa meski berkurang seratus ribuan saja, tetap cukup berarti pada masa pandemi saat ini.

Sementera itu sesuai janjinya, Gubernur Sumsel secara resmi hadir meluncurkan Program Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Pembebasan BBNKB II di Kantor Samsat Palembang I pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2020. “Ini salah satu upaya kita menyikapi Pemulihan Ekonomi Sumsel (PES) agar merangsang kembali roda perekonomian dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Juga sebagai upaya kita memberikan kemudahan dan membantu masyarakat di masa pandemi.” ujar Herman Deru, Gubernur Sumsel.

Dirinya pun berharap dengan pulihnya ekonomi serta adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah, maka akan lebih banyak anggaran yang dapat dibelanjakan ke infrastruktur. Dengan kebijakan tersebut, penurunan Pendapatan Asli Daerah yang muncul, bisa segera tertutupi. “Saya juga akan memberikan diskresi dengan penilaian yang jelas. Misalnya kendaraan memang rusak dan tidak bisa jalan.” kata sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu.

Baca Juga  Herman Deru Terima Bantuan Dari OJK dan Kementerian Perindustrian Untuk Covid-19

Bang HD pun menitipkan pesan kepada petugas Samsat untuk mengubah paradigma lama. Saat ini, sebagai pelayan bagi Wajib pajak, petugas tidak boleh sungkan menjemput bola dan memberikan pelayanan prima kepada warga. “Saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah kecepatan dan kemudahan. Jangan sampai mereka Wajib Pajak yang mau membayar pajak ini, dipersulit. Jangan berdiam diri, juga harus jemput bola.” tambahnya. (adv)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *