Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Ekonomi / Inovasi Go Jek, Bantu Tingkatkan Pendapatan Mitra

Inovasi Go Jek, Bantu Tingkatkan Pendapatan Mitra


Sumsel Maju Untuk Semua

InilahSumsel.com, Palembang — Go Jek sangat serius dalam usaha meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi mikro dan pekerja di sektor informal, termasuk mitra driver dan merchant.¬†Sebagai bentuk keseriusan itu, pihak gojek terus melakukan inovasi dan inisiatif agar fondasi kesejahteraan mitra yang berkelanjutan, agar menghadirkan dampak sosial yang menyeluruh.

Head of Regional Corporate Affairs Sumatera Gojek, Teuku Parvinanda, menjelaskan bahwa, ada tiga sisi yang perlu mendapatkan dukungan secara menyeluruh agar kesejahteraan mitra mengalami peningkatan. Pertama, pendapatan yang berkesinambungan. Kedua, pengelolaan keuangan yang baik. Terakhir, pengembangan kemampuan dan pengetahuan.

“Guna mencapai ketiga hal tersebut, kami selalu memastikan agar inovasi yang dihadirkan, mendukung unggulnya kualitas layanan gojek. Tidak hanya sampai disitu, kami juga menginisasi Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan mengembangkan Program Gojek Swadaya.” kata Teuku, seperti dikutip dari detiksumsel.

Dia mengatakan, BBM dihadirkan secara rutin setiap bulan, khusus untuk mitra driver dengan tujuan menjadi sumber daya yang unggul dan berkualitas, sehingga dapat menghadirkan layanan yang andal bagi konsumen.

Terdapat dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan dari mitra. Dua jenis itu yakni Pengembangan Layanan Prima dan Pengembangan Kemampuan Diri.

Di Pengembangan Layanan Prima, pelatihan diberikan agar kualitas pelayanan mitra terus meningkat, seperti Pelatihan Bahasa Inggris, P3K, dan Anti Kekerasan Seksual yang baru-baru ini diselenggarakan. Sedangkan dalam Pengembangan Kemampuan Diri, Go Jek membekali mitra dengan Pelatihan Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan agar memiliki pemasukan tambahan, sekaligus dapat mengelola keuangan.

“Go Jek juga terus melakukan inovasi fitur untuk memudahkan mitra driver dalam kegiatannya sehar-hari. Fitur ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mitra, sehingga menciptakan ruang yang nyaman saat bekerja dan mendukung mitra dalam memberikan pelayanan yang handal. Dengan pelayanan yang handal, mitra akan terus menjadi pilihan konsumen di Indonesia dan akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan itu sendiri.” tambahnya.

Kemudian, Go Jek juga menghadirkan Program Gojek Swadaya dengan tujuan memberikan akses ke berbagai macam layanan financial yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Saat ini, Program Go Jek Swadaya telah diikuti lebih dari satu juta penerima manfaat yakni mitra driver dan keluarga se Nusantara.

Berhasil dalam melakukan inovasi inilah, yang menjadi penghantar bagi Go Jek menjadi perusahaan Super App dan pemimpin di Industri layanan on-demand. Berdasarkan hasil penelitian LD FEB Universitas Indonesia, kontribusi ekosistem Go Jek terhadap perekonomian Indonesia, mencapai Rp. 44,2 Triliun. Dimana Rp. 25 Triliun, diantaranya disumbangkan oleh mitra Go Ride dan Go Car. Sedangkan sisanya, disumbangkan oleh mitra UMKM melalui layanan Go Food.

“Sedangkan di Palembang sendiri, berdasarkan survei LDUI, Mitra Go Jek berkontribusi Rp. 1,5 Triliun ke perekonomian kota. Dimana rata-rata penghasilan mitra Go Jek, diatas UMK Palembang pada tahun 2018.” ungkap Teuku. (ohs)



Hendri Zainuddin Bakal Calon Bupati Kabupaten Ogan Ilir

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *