Home / Headline / Jembatan Musi IV Resmi Dibuka Untuk Umum
Walikota Palembang Harnojoyo bersama unsur Kapolresta Palembang dan unsur Muspida saat launching Musi IV, hari Selasa tanggal 8 Januari 2019. (gambar : Ferdinand Deffriyansyah/koransn.com)
Walikota Palembang Harnojoyo bersama unsur Kapolresta Palembang dan unsur Muspida saat launching Musi IV, hari Selasa tanggal 8 Januari 2019. (gambar : Ferdinand Deffriyansyah/koransn.com)

Jembatan Musi IV Resmi Dibuka Untuk Umum

Sumsel Maju Untuk Semua

PALEMBANG — Jembatan Musi IV yang menghubungkan antara Kecamatan Ilir Timur II dengan Kecamatan Seberang Ulu II, akhirnya bisa digunakan oleh masyarakat yang akan melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Peresmian itu dilakukan oleh Walikota Palembang, hari Selasa tanggal 8 Januari 2019.

Dalam sambutannya, Walikota Palembang, Harnojoyo, menitip pesan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat jembatan yang didapatkan dengan susah payah itu. Pasalnya, pembangunannya melalui proses yang sangat panjang.

“Kita sudah lama mengidamkan jembatan ini. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa kita lalui. Kami berharap, masyarakat dapat bersama-sama menjaganya. Jangan dirusak, jangan dicoret-coret, karena jembatan ini milik kita semua.” kata Harnojoyo, seperti dikutip dari KoranSn.com.

Dia menjelaskan, proses pembangunan jembatan itu sudah dimulai sejak dirinya menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Palembang. Namun, persoalan pembebasan lahan menjadi kendala, sehingga baru bisa selesai saat ini.

Baca Juga  Permudah Perizinan, Ini Strategi yang Dilakukan Pemkot Palembang

“Dahulu, saat saya masih menjabat sebagai Anggota Legislatif, saya sudah ikut berjuang bersama Bapak Eddy Santana yang saat itu menjabat sebagai Walikota Palembang, untuk membangun jembatan ini. Namun, terkendala pembebasan lahan yang tidak kunjung terselesaikan. Sampai akhirnya, saat kami duduk sebagai Walikota, komitmen Jembatan Musi IV harus dibangun, masih tetap terjaga. Apapun kendalanya, harus kita hadapi.” ungkapnya.

Dengan selesainya pembangunan jembatan yang sempat menghabiskan dana 9,9 Miliar untuk pembebasan lahan itu, Harnojoyo berharap bisa menjadi solusi kemacetan yang terjadi selama ini di wilayah Ampera.

“Ternyata, kebutuhan pembebasan lahan sampai 48 Miliar. Kita tidak putus asa, dengan kerja keras setiap hari, dari rencana meminjam anggaran ke provinsi, sampai akhirnya kita dapatkan dana dari Kementerian PUPR dan pembangunan pun selesai sehingga kita bisa kita nikmati. Info dari Dinas Perhubungan, selama uji coba kemarin, kemacetan Ampera berkurang hingga 40 persen.” tuturnya.

Baca Juga  Gelar Sidak, Wakil Walikota Palembang Temui Tahu Berformalin

Kedepan, masih kata Harnojoyo, pihaknya akan menyelesaikan pembangunan Jembatan Musi VI dan Jembatan Tol Musi V. “Akan segera kita usulkan Jembatan Musi III. Untuk jembatan ini, akan kita usulkan untuk dibuat terowongan, aksesnya melewati Pulau Kemarau.” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Jalan Nasional IV, Saiful, mengatakan bahwa walaupun proses pembangunan Jembatan Musi IV sudah selesai, tetap menghadirkan beberapa masalah. Diantaranya adalah sempitnya akses jalan di wilayah Seberang Ulu, tepatnya saat keluar ke Jalan K.H. Azhari.

“Nanti, akses jalan di wilayah itu, akan diperpanjang sampai tembus ke Jalan Ahmad Yani. Total panjangnya 350 Meter. Setelah proses pembebasan lahan selesai, akan segera dianggarkan dan dikerjakan. Mudah-mudahan 2019 ini segera terealisasi.” kata Saiful.



Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *