Beranda Olahraga Kalah Adu Tendangan Penalti, Timnas Sepak Bola Indonesia Tersingkir Dari Asian Games...

Kalah Adu Tendangan Penalti, Timnas Sepak Bola Indonesia Tersingkir Dari Asian Games 2018

462
0
Penjaga gawang Indonesia Andritany Ardhiyasa (kiri) gagal menghalau tendangan pesepak bola Uni Emirat Arab Husain Abdulla saat adu penalti babak 16 besar Asian Games ke-18 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (24/8). (foto : INASGOC)
Penjaga gawang Indonesia Andritany Ardhiyasa (kiri) gagal menghalau tendangan pesepak bola Uni Emirat Arab Husain Abdulla saat adu penalti babak 16 besar Asian Games ke-18 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (24/8). (foto : INASGOC)

BEKASI — Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia, gagal melaju ke Babak 8 Besar Asian Games tahun 2018. Pasalnya, Indonesia yang menghadapi Uni Emirat Arab (UEA), harus menderita kekalahan melalui adu tendangan penalti, setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 hingga tambahan waktu 2×15 menit berakhir.

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, hari Jum’at tanggal 24 Agustus 2018, Hansamu Yama dan kawan-kawan, mencoba menekan pertahanan UEA sejak menit awal pertandingan. Namun, serangan yang coba dibangun, belum mampu dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi gol.

Meskipun ditekan, UEA masih tetap mencoba keluar dari tekanan dan melakukan serangan ke gawang Indonesia. Usaha yang mereka lakukan, mendapatkan hasil positif. Pasalnya, wasit yang memimpin pertandingan tersebut, yakni Shaun Evans Robert, menunjuk titik putih karena Andy Setyo melanggar Zayed Alameri.

Zayed yang menjadi eksekutor tendangan tersebut, berhasil menggetarkan jala gawang Indonesia yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa, pada menit ke 20. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan keunggulan UEA 1-0 dari Indonesia.

Di babak kedua, Indonesia yang tertinggal satu gol, terus berusaha sekuat tenaga untuk mencetak gol dan mendapatkan kemenangan. Berbagai variasi serangan, diperagakan oleh anak asuh Luis Milla itu. Hasilnya sangat baik, Di menit 52, Septian David yang menguasai bola dari sisi kiri pertahanan UEA, berhasil melepaskan umpan lambung yang disambar dengan baik oleh Alberto Goncalves.

Ketika skor imbang, kedua tim langsung meningkatkan kualitas serangan mereka. Indonesia yang dimotori oleh Evan Dimas, terus mencoba melakukan serangan ke pertahanan UEA. Begitu juga dengan UEA, lini tengah yang dikomandani oleh Almesmari, mencoba bertahan dan sesekali melakukan serangan.

Semangat tinggi di pertontonkan oleh pemain Timnas Indonesia. Setelah tertinggal 1-2 pada menit 64 melalui adu tendangan penalti kedua yang dilakukan oleh Zayed Alameri, mereka tetap bermain tenang dan mencoba melakukan serangan balik untuk menyamakan kedudukan.

Permainan yang tenang tersebut, akhirnya mendapatkan hasil manis. Di akhir babak kedua, Stefano Lilipaly berhasil memanfaatkan umpan silang yang diberikan oleh Saddil dari sisi kiri, sehinga menjadikan skor sama kuat, yakni 2-2 dan mengharuskan pertandingan dilanjutkan di babak perpanjangan waktu.

Setelah di dua babak perpanjangan waktu berakhir tanpa ada gol yang tercipta, pertandingan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Tiga dari lima eksekutor, berhasil menggetarkan jala gawang UEA yang dijaga oleh Alshamsi. Mereka adalah Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves, dan Hargianto.

Sementara itu, dari UEA, hanya satu pemain yang gagal memanfaatkan tendangan penalti dengan baik, karena bola hasil dari tendangannya, membentur tiang atas gawang. Sedangkan empat pemain yang berhasil menciptakan gol dan membawa UEA lolos ke babak 8 besar adalah Alhashmi, Zayed, Aldhanhani, dan Abdullah.

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, terlihat sangat kesal kepada wasit yang mempin pertandingan ini, karena memberikan dua hadiah penalti di waktu normal kepada UEA.

“Bisa dibayangkan, bagaimana perasaan kami hari ini. Sedih dan Kecewa. Kami terbawa emosi, karena melihat anak-anak sudah bermain dan bekerja keras dengan baik, tetapi harus gugur dalam laga malam ini.” ujar Luis Milla, dikutip dari tribunnews.com. (ohs)

#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here