Sumsel Maju Untuk Semua
Gubernur Sumsel, Herman Deru, panen raya di Lempuing
Gubernur Sumsel, Herman Deru, panen raya di Lempuing

Kembalikan Sumsel Lumbung Pangan Nasional, Herman Deru Fasilitasi Petani Padi di Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, panen raya di Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019.
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, panen raya di Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019. (foto : humas pemprov Sumsel)

 

InilahSumsel.com, Lempuing — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, meyakini bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi, Sumsel akan dapat mengembalikan kejayaannya sebagai Lumbungan Pangan Nasional.

Keyakinan itu diungkapkannya saat melakukan Panen Raya Padi IP 200 dan sekaligus meninjau penangkaran benih harapan makmur di Desa Cahya Maju, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), hari Selasa tanggal 30 Juli 2019.

“Panen raya yang kita lakukan hari ini, menjadi bukti bahwa petani di Sumsel serius dalam memajukan sektor pertanian. Upaya ini, akan mempercepat Sumsel menjadi Lumbung Pangan Nasional, sebagaimana dulu sudah pernah ada.” kata Herman Deru.

Antusiasme Herman Deru dalam memotori kembalinya kejayaan Sumsel tersebut, terlihat saat menuju lokasi panen raya dan lokasi penangkaran benih petani. Dia rela menyelusuri pematang sawah dengan mengenarai sepeda motor trail, bersama Wakil Bupati Kabupaten OKI, Djakfar Sodiq, beserta Forkompinda di Kabupaten OKI.

“Saya ingin, sektor pertanian ini dapat membawa kesejahteraan bagi petani. Saya tidak mau, masyarakat Sumsel miskin. Oleh karena itu, kita butuh kerja sama. Pemerintah siap bantu, jika petani serius dalam menggarap sektor ini.” tuturnya.

Baca Juga  Fokus Perbaikan Infrastruktur, Herman Deru Berikan Oleh-Oleh 29 Miliar Ke OKU Selatan

Menurut Bupat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dua periode itu, bicara soal pertanian, juga harus bicara terkait dengan infrastruktur dan irigasi pengairan. Karena itu, petani diminta aktif terlibat dalam hal pembangunannya. Seperti yang ada di kawasan Lempuing, saluran-saluran cacing ini adalah karya besar Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VII yang didukung penuh oleh masyarakat dalam hal pembebasan lahannya, sehingga air Irigasi Komering bisa mengalir hingga ke Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI.

“Hari ini, kita panen IP 200 berikut peresmian penangkaran benih. Dengan adanya penangkaran benih ini, petani tidak lagi di belenggu harus memakai merek tertentu. Sekarang, petani bisa menakar sendiri dengan bimbingan petugas.” imbuhnya.

Herman Deru memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI yang serius memajukan sektor pertanian. Dia juga meminta agar petani tidak malu dengan profesi itu, bahkan harus bangga dengan profesi sebagai petani.

Baca Juga  Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel Dukung Keseriusan Gubernur Cegah Karhutlah

“Apa yang dilakukan petani OKI ini, merupakan bentuk dukungan percepatan kembalinya Sumsel sebagai Lumbung Pangan Nasional.” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten OKI, Djakfar Sodiq,  menyampaikan bahwa Pemkab OKI berkomitmen dalam memajukan sektor pertanian dengan memperhatikan segala bentuk kebutuhan dan keluhan petani, terutama terkait dengan masalah benih, pupuk, dan penanganan pasca panen lainnya.

“Pemkab OKI, sejauh ini sudah membina 13 tempat penangkaran benih dengan luas sekitar 676,25 hektar dan mampu menghasilkan benih unggul bersertifikat sebanyak 6.405 ton. Terima kasih atas kehadiran Bapak Gubernur, kunjungan ini akan dapat menambah semangat kami, khususnya petani, dalam meningkatkan produksi sehingga OKI dapat menjadi penopang Sumsel Lumbung Pangan Nasional.” paparnya. (ril/ohs)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *