Sumsel Maju Untuk Semua
Kembangkan POMDES, Kemendes PDTT Tandatangani MOU dengan PT. Octa Citra Rajawali (foto : kemendesa.go.id)
Kembangkan POMDES, Kemendes PDTT Tandatangani MOU dengan PT. Octa Citra Rajawali (foto : kemendesa.go.id)

Kembangkan POMDES, Kemendes PDTT Tandatangani MOU

InilahSumsel.com, Jakarta — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, terus berkomitmen mengembangkan program Pos BBM Desa (Pomdes).

Sebagai wujud dari keseriusan tersebut, Kemendes PDTT melalui Sekretaris Jenderal, melakukan tanda tangan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Bersama dengan Direktur Utama PT. Octa Citra Rajawali (PT. OCR), Omar Aram Pujo Kristhanto, di Kantor Kemendes PDTT, hari Selasa tanggal 28 Mei 2019.

MoU tersebut bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada untuk saling membantu dan mendukung dalam pengembangan Pomdes. Selain itu, kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam kerja sama ini, Kemendes PDTT bertanggung jawab dalam mengindentifikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau kelompok usaha ekonomi masyarakat desa,s ebagai pelaku usaha yang siap dalam mengembangkan dan membangun Pomdes. Selain itu, pihak Kemendes PDTT juga memberikan fasilitasi, Koordinasi, dan Pembinaan, untuk mendukung pengembangan usaha Pomdes.

Sedangkan PT. OCR, dalam MoU tersebut berkewajiban memberikan sosialisasi skema bisnis Pomdes, membantu fasilitasi kemitraan dengan lembaga keuangan perbankan untuk permodalan pengembangan Pomdes, memberian kepastian ketersediaan BBM untuk usaha Pomdes sesuai kesepakatan, memberikan standarisasi harga dibawah eceran dan kualitas BBM sesuai dengan kualitas nasional, dan memberikan pelatihan pengelolaan usaha Pomdes.

Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi, mengatakan bahwa, program Pomdes adalah program ekonomi kerakyatan yang berbasis teknologi dan energi, dengan rincian program Pomdes yakni penyediaan energi BBM, BBG, Penjualan Sembako, bahan kebutuhan pokok lainnya seperti pulsa, token listrik, dan Product Payment Oline Bank (PPOB) dan Market Place di desa.

“Program Pomdes ini adalah sebuah inisiatif ekonomi, berbasis desa. Nanti, masyarakat desa akan memiliki peluang usaha dengan fasilitas kredit usaha untuk menjadi retailer BBM, Gas, Pulsa, Sembako, dan membuka usaha daring dengan memasarkan produk unggulan di desanya. Jadi, program ini dapat meningkatkan penghasilan masyarakat desa dan mendukung program ketahanan energi pemerintah, karena penyediaan bensin sampai ke desa-desa. Diharapkan, dengan kerja sama ini, pertumbuhan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat desa, akan terus meningkat.” katanya. (ohs/kemendesa.go.id)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

One comment

  1. Avatar

    dimana saya bisa kontak POMDES PUSAT ,. saya ingin bergabung, trims

    ini saya KOMISARIS SUNARYO PT. SEMBILAN BELAS ENAM TUJUH (1967)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *