Sumsel Maju Untuk Semua
Gubernur Sumsel, Herman Deru, mempertunjukkan produk dari Pelaku UMKM di Sumsel
Gubernur Sumsel, Herman Deru, mempertunjukkan produk dari Pelaku UMKM di Sumsel

Kepada Pelaku UMKM, Herman Deru Ingatkan Tiga Kunci Disaat Pandemi Melanda

InilahSumsel.com, Palembang — Sejak memutuskan memberikan promosi gratis untuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) melalui akun instagram pribadi miliknya, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) terus dielu-elukan para pelaku UMKM di Sumsel. Tidak sedikit pelaku usaha yang mengaku “naik level” gara-gara kebijakan unik orang nomor satu di Sumsel itu.

Terbaru, pujian itu datang dari pemilik usaha kuliner Dapur Ombay, Arif. Saat talk show bersama Gubernur Sumsel melalui Radio Sumsel Streaming bertajuk Strategi Bisnis dan Menangkap Peluang di Era New Normal pada hari Minggu tanggal 21 Juni 2020 di Palembang Indah Mall. Arif mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian gubernur pada pelaku UMKM seperti mereka.

“Saya sembat bayar endorse dan minta tolong teman, tapi belum membantu banyak. Tapi sejak Bapak Gubernur yang makan, levelnya jadi naik. Nasi minyaknya jadi kelas atas. Alhamdulillah, omzet ikut naik juga.” ujarnya bersemangat.

Oleh karena itu, Arif dan pelaku UMKM lainnya berharap agar apa yang dilakukan oleh gubernur, tidak berhenti. Sehingga usaha mereka dapat bertahan di tengah pandemi, sekaligus membantu geliat perekonomian di Sumsel.

Terkait hal itu, Gubernur Sumsel mengatakan, sudah sepantasnya sebagai kepala daerah, dirinya memikirkan kelangsungan para pelaku usaha, baik skala UMKM hingga sekala besar, mengingat pandemi ini berdampak sangat luas pada semua sektor kehidupan.

Baca Juga  Herman Deru Minta Izin Pertambangan Pasir Diperketat

“Karena saya mikir, saat pandemi bukan cuma pemilik gedung atau usaha catering saja yang kena. Tukang make up, semua kena. Ada juga cleaning service, pelaku UMKM, buruh angkut, semua kena. Makanya sebagai gubernur, saya harus memikirkan itu. Jadi, jangan melihatnya dari satu sisi saja. Kesannya saya seperti makan enak, saat semua warga tengah prihatin. Bukan begitu.” kata Herman Deru, Gubernur Sumsel.

Belajar dari pengalaman krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1998 yang lalu, Herman Deru yakin dengan menstimulan pelaku UMKM, pertumbuhan ekonomi Sumsel dapat bertahan. “Tahun 1998, ekonomi kita ada di titik nadir dan UMKM bisa bertahan. Kenapa sekarang tidak kita beri perhatian, permodalan, keterampilan, sampai marketing.” jelasnya.

Dalam menyikapi pandemi ini, sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu, terdapat tiga cluster yang harus di prioritaskan. Pertama adalah kesehatan. Apapun aktifitasnya, Bang HD menghimbau masyarakat agar tetap mengutamakan keselamatan jiwa, baru kemudian ekonomi dan kesehatan. Atas dasar itu pula, New Normal tidak bisa dilakukan dengan gegabah, melainkan ditata sedemikian rupa berdasarkan ahli kesehatan, dalam hal ini epidemiologi hingga pakar ekonomi.

Baca Juga  Perselisihan Selesai, Gubernur Ajak Wartawan Bersatu Bangun Sumsel

“Dalam menghadapi pandemi ini, ada tiga kunci yang harus dilakukan oleh UMKM. Pertama yakni konsisten, kedua konsekuen, dan terakhir yakni speed. Selain itu, jangan lupakan usaha basic, karena banyak yang justru gagal disana.” jelasnya.

Dia pun menjadikan usaha warung nasi kaki lima sebagai contoh. Karena sudah ramai pembeli, kemudian bisa bangun gedung baru, lalu meninggalkan usaha basic. “Jangan seperti itu, karena pembeli mungkin saja senang dengan service awal. Kalau berubah, mana mau mereka datang lagi. Jadi, memang harus konsisten.” tutupnya. (ril)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *