Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Sumsel Maju Untuk Semua
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dan Pimpinan Pondok Pesantren Kiai Marogan, meresmikan Rumah Tahfidz AT Taubah di LPKA Klas I Palembang, hari Selasa tanggal 23 Juli 2019.
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dan Pimpinan Pondok Pesantren Kiai Marogan, meresmikan Rumah Tahfidz AT Taubah di LPKA Klas I Palembang, hari Selasa tanggal 23 Juli 2019.

Pertama Di Indonesia, Rumah Tahfidz Di Dalam LP Khusus Anak

InilahSumsel.com, Palembang — Dibawah kepemimpinan Herman Deru sebagai gubernur, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan berbagai terobosan. Terbaru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel dan Kerukunan Perempuan Pensiunan Sumsel yang bekerja sama dengan Rumah Tahfidz Ki Marogan, meresmikan pembukaan Rumah Tahfidz pertama di Indonesia yang berlokasi di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Palembang, hari Selasa tanggal 23 Juli 2019.

Herman Deru mengatakan, pembukaan Rumah Tahfidz yang bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019 itu, sangat menggetarkan hati, tidak terkecuali dirinya sebagai orang tua. Melalui momen ini, dirinya berharap agar anak-anak lembaga pembinaan dapat mengevaluasi dan merstorasi diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depan.

“Acara ini menggetarkan hati kita sebagai orang tua. Kalau anak-anak ini tidanya, pasti tidak ada yang bercita-cita masuk ke sini. Tidak ada yang bisa disalahkan, yang penting sekarang adalah bagaimana kita membina anak-anak ini menjadi lebih baik di masa pertumbuhannya.” tegas Herman Deru.

Dia pun menambahkan, tindakan yang dilakukan oleh anak-anak sehingga harus masuk lembaga pembinaan, tidak selalu masalah ekonomi. Tindakan itu bisa juga dipengaruhi oleh faktor pengetahuan orang tua, baik dari sisi ilmu agama, ilmu hukum, dan lainnya. “Disinilah peran kita, mengisi kekurangan anak-anak dengan pembinaan. Kami dari pemerintah, akan memfasilitas sekuat tenaga, asal anak-anak ini mau berbenah.” ungkapnya.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Gelar Sholat Hajat Agar Sumsel dan Dunia Bebas Virus Corona

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dua periode itu menjelaskan, pendirian rumah tahfidz tersebut merupakan salah satu program dari Pemprov Sumsel untuk melakukan pembinaan mental dan akhlak anak-anak binaan di LPKA Klas I Palembang. Harapannya, setelah mereka selesai dibina, dapat kembali berbaur dengan masyarakat sebagai manusia seutuhnya.

“Dengan mengucap Bismillah, saya resmikan Rumah Tahfidz AT Taubah di LPKA Klas I Palembang ini, agar menjadi bekal di masa mendatang bagi anak-anak generasi muda bangsa yang tersangkut masalah hukum ini.” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sumatera Selatan, Dr. H. Sudirman D. Hury, S.H., M.M., M.Sc., memaparkan bahwa jumlah anak di LPKA Klas I Palembang itu, mencapai 109 orang. Mereka terdiri dari anak usia SD, SMP, dan SMA.

“Anak-anak ini, mempunyai karakter yang berbeda dengan orang dewasa. Jadi, kita harus memberikan perhatian sendiri, termasuk saat mereka berhadapan dengan hukum. Anak adalah amanah, punya harkat dan martabat, makanya harus di lindungi khusus. Saat ini, ada 109 anak didik yang bermasalah. Anak-anak ini, kami didik dan bina sesuai dengan program-program unggulan, salah satunya yakni Masuk Napi Keluar Santri dan Program One Day One Juz.” terangnya.

Baca Juga  Inilah "Warisan" Herman Deru Untuk Anak dan Cucu

Sebagai LPKA terbaik di Indonesia dan menjadi rujukan bagi LPKA lainnya, pihaknya terus melakukan peningkatan program bagi anak-anak ini, termasuk bekerja sama dengan sejumlah sekolah, dari SD sampai SMA. “Bulan Agustus nanti, kita juga di undang di Jambore anak-anak binaan se Indonesia di Tangerang. Kami bersyukur sekali, Bapak Gubernur mau membantu keberangkatan ini, karena kebetulan sebelumnya, kami kesulitan untuk mengirim anak-anak ini kesana.” kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel. (ril/ohs)

H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *