Home / Pemerintahan / Pesan Senator Termuda Asal Sumsel di Hari Sumpah Pemuda
Jialyka Maharani, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
Jialyka Maharani, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

Pesan Senator Termuda Asal Sumsel di Hari Sumpah Pemuda

Sumsel Maju Untuk Semua

InilahSumsel.com, Jakarta — Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun pada tanggal 28 Oktober 2019, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jialyka Maharani, mengajak semua pemuda di seluruh daerah di Indonesia agar tidak apatis terhadap kondisi bangsa dan negara.

Senator (sebutan untuk Anggota DPD RI) termuda itu menjelaskan, berdasarkan data kependudukan, Indonesia berpeluang menikmati the window of opportunity pada tanggal 2020 hingga 2030 mendatang. Karena, angka penduduk usia produktif (pemuda) mengalami lonjakan yang sangat signifikan. Lonjakan jumlah pemuda itu, dapat mempercepat Indonesia menuju “Indonesia Emas” dengan syarat diimbangi dengan kualitas dari anak-anak muda.

Baca Juga  Masalah Kabut Asap di Sumsel, Jialyka Mengadu di Forum DPD hingga Datangi BPBD

“Peringatan sumpah pemuda, harus menjadi refleksi bersama, terutama bagi kalangan anak muda, supaya menyadari betapa pentingnya peran serta generasi muda untuk turut serta membangun bangsa. Untuk itu, saya berpesan kepada teman-teman milenial semua, mari kita bersama-sama berpartisipasi aktif untuk membangun dan menjaga negara kita. Anak muda harus kritis, berani speak up menyuarakan kebenaran dan yang terpenting adalah anak muda harus mampu menjadi counter balancing state dengan cara turut serta mengawal kebijakan pemerintah, baik yang dikeluarkan oleh eksekutif atau legislatif.” ujar Jialyka Maharani.

Senator yang akrab disapa dengan panggilan Jia itu mengungkapkan, alasannya masuk ke dunia politik di usia muda, memberikan tantangan tersendiri. Namun, ada hal yang lebih penting sebagai dasar untuk maju ke dunia politik. Menurut alumni Universitas Indonesia itu, politik adalah muara dari semua kebijakan dirumuskan. Dengan masuk ke dunia politik, seseorang dapat mempengaruhi kebijakan.

Baca Juga  Uji Sahih RUU PPAD, Siska Marleni : "Peningkatan PAD Ruh Pembangunan Nasional"

“Kebijakan yang berpihak kepada rakyat, pastinya.” ungkap Jia.

Di sisi lain, Senator yang juga merupakan Duta Anti Narkoba Kabupaten Ogan Ilir itu, juga menjelaskan mengenai keprihatinannya terhadap penyalahgunaan narkoba, dimana sebagian besar pelakunya adalah anak muda.

“Permasalahan narkoba adalah permasalahan serius yang harus diperhatikan oleh seluruh elemen bangsa, karena menyangkut kualitas SDM, termasuk anak muda.” tegasnya. (ohs/ril)



Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *