Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Sumsel Maju Untuk Semua
Ramdoni,S.IP., Presiden SCAPIM Indonesia. (Foto : detiksumsel.com)
Ramdoni,S.IP., Presiden SCAPIM Indonesia. (Foto : detiksumsel.com)

Presiden SCAPIM Minta Pemerintah Cabut IPPKH PT. SERD

InilahSumsel.com, Palembang — Keluarnya habitat Harimau Sumatera di sepanjang jalur Bukit Barisan yang meliputi wilayah Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, dan Kota Pagaralam, menarik perhatian berbagai pihak, karena sudah banyak menelan korban jiwa dan mengancam kelangsungan hak hidup flora, fauna, dan manusia.

Menanggapi kondisi yang ada saat ini, Presiden Sekolah Calon Pemimpin (SCAPIM) Indonesia, Ramdoni, S.IP., menegaskan bahwa hewan yang dilindungi itu, tidak akan mengganggu masyarakat, apabila ekosistemnya tidak dirusak secara terorganisir.

“Harimau ini, hewan liar yang dilindungi karena langkah. Mereka mempunyai habitatnya sendiri dan tidak akan keluar kalau ekosistemnya tidak dirusak secara terorganisir dan masif oleh pihak tertentu. Saya mengarai, ini disebabkan oleh ekspolitasi geothermal kawasan hutan lindung yang dilakukan PT. Supreme Energy Rantau Dedap (PT. SERD).” ujarnya.

Baca Juga  KemenPUPR Beri Sinyal Positif, Alfrenzi Panggarbesi Minta Gubernur Sumsel Segera Usulkan Jembatan Layang Lematang

Guna meminimalisir timbulnya korban jiwa yang lebih banyak, Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) itu, meminta kepada pemerintah untuk tegas mencabut izin pinjam pakai hutan lindung PT. SERD apabila didapatkan melanggar.

“Pemerintah harus tegas, cabut izin pinjam pakai Hutan Lindung PT. SERD, jika melanggar. Kalau tidak, hewan buas seperti harimau ini, akan memakan banyak korban lagi.” tutur Alumni Lembaga Ketahanan Nasional itu.

Dalam waktu dekat ini, tambah Ramdoni, pihaknya akan segera menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang akan membahas tentang kejahatan korporasi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) milik PT. SERD.

Baca Juga  Antisipasi Penyakit Covid 19, Rumah Warga Disemprot Disenfektan

“Kita akan undang stakeholder terkait, seperti Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Akademisi, Tokoh Masyarakat, serta Penegak Hukum. Hasilnya, akan kita sampaikan laporan rekomendasi langsung ke Kementerian Kehutanan, supaya permasalah ini dapat segera terselesaikan.” tutur Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Palembang itu. (ohs/ril)

H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *