Sumsel Maju Untuk Semua
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, berfoto bersama Pimpinan DPRD Sumsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemprov Sumsel dari BPK RI, hari Jum'at tanggal 24 Mei 2019. (foto : humas pemprov sumsel)
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, berfoto bersama Pimpinan DPRD Sumsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemprov Sumsel dari BPK RI, hari Jum'at tanggal 24 Mei 2019. (foto : humas pemprov sumsel)

Raih Predikat WTP, Gubernur Sumsel Tegaskan Aset Pemda Segera Ditarik

InilahSumsel.com, Palembang — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018.

Informasi tersebut terungkap dalam Rapat Paripurna Istimewa XXIX (29) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya, hari Jum’at tanggal 24 Mei 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel.

Penyerahan LHP tersebut dilakukan secara langsung oleh Anggota V BPK RI, Ismayatun, M.T., kepada Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, dan Ketua DPRD Sumsel, M. Aliandra Gantada, setelah dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan LHP.

Baca Juga  Herman Deru Langgar Janjinya di Kelurahan Sungai Selayur

Setelah rapat, Gubernur Sumatera Selatan mengatakan, capaian predikat WTP tersebut memang patut disyukuri. Namun, predikat itu tidak menjadi jaminan bahwa pengelolaan keuangan di Sumsel terbebas dari kecurangan dan bebas dari tindakan-tindakan korupsi.

Sebaliknya, capaian WTP itu justru harus dimaknai sebagai motivasi untuk pelaksanaan dan penjabaran laporan keuangan yang baik, bukan hanya soal pembukuan yang baik dan akuntabel.

Kemudian, mengenai beberapa temuan yang diungkapkan oleh BPK RI, Gubernur Sumatera Selatan menilai, yang patut disoroti adalah soal aset, baik tanah, rumah, kendaraan roda empat, dan kendaraan roda dua yang jumlahnya sangat banyak. Inventarisasi akan dilakukan, untuk segera ditarik. Terlebih, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah membuka diri untuk membantu penarikan aset-aset tersebut.

Baca Juga  Herman Deru Minta Warga Sumsel yang Merantau Jangan "Balek Dulu"

“Makanya, melalui kesempatan ini, saya harap seluruh masyarakat yang berkaitan langsung atau yang pernah mengabdi di Pemprov Sumsel atau orang luar yang menguasai aset Pemda, segera kembalikan saja. Karena, semuanya akan ditarik.” tegas Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan. (ohs)

H. Hendri Zainuddin, S.Ag., S.H.
Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *