Home / Nasional / Romania Tawarkan Daerah Di Indonesia Jadi Sister City
Pimpinan delegasi PPUU DPD RI, H. Nofi Candra, menyerahkan plakat kepada duta besar Republik Indonesia untuk Romania, Irjen Pol Amhar Azhet, saat kunjungan ke Romania, hari Rabu tanggal 13 Maret 2019. (foto : harianhaluan.com)
Pimpinan delegasi PPUU DPD RI, H. Nofi Candra, menyerahkan plakat kepada duta besar Republik Indonesia untuk Romania, Irjen Pol Amhar Azhet, saat kunjungan ke Romania, hari Rabu tanggal 13 Maret 2019. (foto : harianhaluan.com)

Romania Tawarkan Daerah Di Indonesia Jadi Sister City

Sumsel Maju Untuk Semua

ROMANIA — Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik INdonesia melakukan kunjungan kerja ke Romania. Dalam kunjungan kerja tersebut, PPUU DPD RI bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Romania, ¬†Irjen Pol Amhar Azhet, hari Rabu tanggal 13 Maret 2019.

Irjen Pol Amhar Azhet menjelaskan, Pemerintah Romania siap menjalin kerja sama dengan Pemerintah Republik Indonesia dalam berbagai sektor, terutama bidang perkebunan, pertanian, dan peternakan.

“Ke depannya, kita bisa lakukan kerja sama dengan Romania, terkait dengan teknologi penanaman gandum, jagung, dan juga perternakan sapi. Tidak hanya itu, kita juga tahu kalau Romania juga unggul dalam bidang Informasi Teknologi (IT). Mereka membuka diri sebagai pintu masuk produk Indonesia ke negara lain di Uni Eropa.” ucapnya.

Baca Juga  Komite IV Usulkan 10 RUU Inisiatif DPD RI

Dia pun menambahkan, selain dikenal dengan peternakan sapi terbesar di Eropa, saat ini Romania membutuhkan tenaga kerja terampil dari Indonesia dengan upah minimum 2.000 Ron atau setara delapan juta rupiah untuk tamatan SMA dan 2.500 – 3.000 ron untuk tamatan Sarjana.

“Mereka juga berharap bisa menjalin kerja sama dengan daerah-daerah di Indonesia untuk dijadikan sister city dalam bidang pertanian, peternakan, tenaga kerja, dan IT. Sampai saat ini, sudah 5 bupati dari Indonesia menjajaki program tersebut. Mereka juga sangat tertarik dengan produk Indonesia seperti Karet, Kopi, Coconut, Palm OIL, dan Lainnya. Mari dimanfaatkan peluang ini.” ajak Irjen Pol Amhar Azhet.

Pimpinan delegasi PPUU DPD RI yakni Nofi Candra yang berasal dari Sumatera Barat, berpendapat bahwa tawaran tersebut adalah peluang yang besar yang bisa menguntungkan bagi Indonesia. Dirinya juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan peluang itu dan lebih meningkatkan kerja sama antara kedua negara.

Baca Juga  Siska Marleni Fokus Perjuangkan Dana Kelurahan 1 Miliar Per Tahun

“Tenaga Kerja Indonesia, bisa terserap dengan baik. Selain itu, sektor ekspor Indonesia akan bekerja lebih baik lagi, jika peluang ini mampu dimanfaatkan dengan optimal oleh pimpinan daerah di seluruh Indonesia.” kata Nofi Candra, seperti ditulis harianhaluan.com.

Selain Nofi Candra, kunjungan kerja PPUU DPD RI ini juga diikuti oleh Aji Muhammad Mirza Wardana dari Kalimantan Timur, Ajiep Panindang dari Sulawesi Selatan, Djasarmen Purba dari Kepulauan Riau, Rubaeti Erlita dari Kalimantan Barat, Siska Marleni dari Sumatera Selatan, Anang Prihantoro dari Lampung, dan dua staf sekretariat PPUU DPD RI yakni Hary Setyawan dan Siti Nurlodhfah. (ohs)



Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *