Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Satlantas Lubuklinggau Sosiasliasi Keselamatan Lalu Lintas Kepada Siswa SMA

Satlantas Lubuklinggau Sosiasliasi Keselamatan Lalu Lintas Kepada Siswa SMA


Sumsel Maju Untuk Semua

LUBUKLINGGAU — Unit Pendidikan dan Rekayasa Satuan Lalulintas (Dikyasa Satlantas) Polres Lubuklinggau, terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan dan ketertiban berlalulintas, tidak terkecuali untuk kalangan pelajar.

Seperti yang dilaksanakan, hari Kamis tanggal 13 Desember 2018 dipimpin langsung Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lubuklinggau, Ipda Andika Dwi Utomo, mengunjungi SMAN 5 Lubuklinggau untuk memberikan penyuluhan.

Di hadapan ratusan pelajar SMAN 5 Lubuklinggau yang berlokasi di pinggir Jalan Fatmawati Soekarno, Kelurahan Mesat Seni, Kecamatan Lubuklinggau Timur II ini, lulusan Akademi Kepolisian 2016 itu dengan penuh semangat memberikan penyuluhan, mengenai betapa pentingnya untuk memahami tentang tata tertib dan aturan lalulintas, sebagaimana telah diatur dalam undang-undang lalulintas dan angkutan jalan raya.

“Pertama-tama adik-adik sekalian, bahwa beberapa hari yang lalu, tepatnya Senin tanggal 10 Desember 2018 yang lalu. telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang dialami salah seorang pelajar di SMAN 5 ini. Apapun kegiatan kita di jalan, bisa berakibat fatal baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, alasan orang tuanya jauh, ada yang ngekos di sini, ada yang orang tuanya tidak sempat mengantar. Mungkin saja hanya dibekali ada helm, anaknya boleh mempergunakan kendaraan. Namun berdasarkan Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan raya, bahwa untuk bisa mengendarai kendaraan bermotor baik roda dua maupun mobil harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM),” ujarnya, seperti ditulis koransn.com.

Jadi sambung mantan Kanit Laka Satlantas Polres Lubuklinggau ini, jika ingin mengemudikan kendaraan roda dua harus memiliki SIM C, mau mengendarai roda empat harus mempunyai SIM A.

Dalam penyuluhan tersebut Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lubuklinggau mengajak para pelajar untuk tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara, serta tidak menganggap remeh tentang peraturan lalu lintas.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono, melalui Kasat Lantas, AKP Febry Febriyana, mengatakan, apa yang dilakukan oleh Unit Dikyasa tersebut, sesuai dengan tugasnya yakni melakukan pembinaan partisipasi masyarakat dan pendidikan masyarakat (Dikmas) Lantas, melaksanakan pembinaan partisipasi masyarakat melalui kerjasama lintas sektoral.

“Itulah tujuan sosialisasi lalu lintas kepada pelajar untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar,” ujarnya. (ohs/koransn)



Hendri Zainuddin Bakal Calon Bupati Kabupaten Ogan Ilir

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *