Home / Headline / Sukseskan Program Pemerintah, Sumsel Akan Terima CPNS Tenaga Teknis
Menpan RB memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019.
Menpan RB memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019.

Sukseskan Program Pemerintah, Sumsel Akan Terima CPNS Tenaga Teknis

Sumsel Maju Untuk Semua
Menpan RB memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019.
Menpan RB memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019. (foto : humas pemprov sumsel)

 

InilahSumsel.com, Jakarta — Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel), Mawardi Yahya, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, hari Selasa tanggal 30 Juli 2019.

Dalam Rakor tersebut, Mawardi Yahya menyampaikan bahwa, Sumsel masih membutuhkan tenaga-tenaga teknis guna menunjang kinerja dan mensukseskan program pemerintah. Tenaga-tenaga itu, meliputi guru, kesehatan, petugas lapangan dan lain-lain.

“Sumsel butuh tenaga teknis seperti tenaga medis, kesehatan, guru, dan PPL. Ini untuk penyebaran, dan pastinya mensukseskan program pemerintah.” katanya.

Mengenai jumlah detailnya, Bupati Kabupaten Ogan Ilir selama dua periode itu, mengatakan akan melakukan komunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengetahui berapa banyak tenaga teknis yang sangat dibutuhkan guna menunjang kinerja pemerintah daerah.

“Kita tentunya akan melakukan evaluasi bersama OPD, terkait tenaga teknis. Mungkin, nanti kita akan mengajukan ke Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang kebutuhan daerah akan tenaga teknis.” ungkapnya.

Selain membahas tentang ASN, Mawardi Yahya menambahkan, dalam rakor tersebut juga dibahas tentang sektor pendidikan, khususnya mengenai zonasi yang saat ini diterapkan oleh pemerintah pusat.

“Dalam rakor ini, kita tidak hanya fokus pada ASN saja, tetapi kita juga diingatkan oleh Bapak Menteri, agar tidak merekrut tenaga umum, melainkan tenaga ahli seperti guru, tenaga kesehatan, petugas lapangan, dan lain-lain.” tuturnya.

Sementara itu, Syafruddin yang kini menjabat sebagai Menpan RB menjelaskan, tujuan rakor tersebut adalah untuk memformulasikan dan mengkonsolidasikan strategi nasional pada bidang Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur negara, dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia pada tahun 2024.

“Organisasi pemerintahan sekarang ini, sedang beradu melakukan percepatan dalam rangka mengembangkan SDM sebagai aset utama organisasi. Harus segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Jadi, antara SDM dan teknologi, sudah tidak bisa dipisahkan, sangat erat pada zaman sekarang ini.” katanya.

Menpan RB pun merincikan, saat ini ada sekitar 4,8 juta ASN yang proporsinya masih belum berimbang, karena jabatan administrasi umum masih diisi oleh 1,6 juta ASN.

“Ini yang perlu kita kikis bersama, terutama pemerintah daerah, jangan lagi meminta tambahan pegawai untuk tenaga administrasi. Jangan lagi rekrut administrasi umum dan yang boleh yakni tenaga teknis, guru, kesehatan, dan teknis lainnya. Ini tidak seimbang lagi dan inilah yang membuat SDM Indonesia tidak naik-naik. Padahal, kebutuhan ASN harus diproyeksikan pada pemenuhan pelayanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan, keahlian spesifik.” ungkapnya.

Dalam perekrutan CPNS yang akan direncanakan bulan Oktober mendatang, Menpan RB mengatakan bahwa pihaknya berencana merekrut sebanyak 100 ribu CPNS yang terdiri dari guru, kesehatan, dan lainnya.

“Mari kita bersinergi membangun dan menyatukan langkah, upaya, dan pemikiran untk merumuskan kebijakan yang terbaik untuk bangsa dan negara, serta memberikan manfaat bagi masyarakat.” ujarnya. (ril/ohs)



Hendri Zainuddin Bakal Calon Bupati Kabupaten Ogan Ilir

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *