Home / Advetorial / Sumsel Ekspor Santan Kelapa Ke Negara di Asia, Amerika, dan Eropa
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, melakukan kunjungan ke pabrik PT. Kelapa Puncak Nusantara, hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019.
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, melakukan kunjungan ke pabrik PT. Kelapa Puncak Nusantara, hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019.

Sumsel Ekspor Santan Kelapa Ke Negara di Asia, Amerika, dan Eropa

Sumsel Maju Untuk Semua

InilahSumsel.com, Ogan Ilir — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, melakukan kunjungan ke pabrik PT. Kelapa Puncak Nusantara, hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019. Dalam kunjungan ke pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Pipa Putih Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI) itu, Herman Deru melihat secara langsung proses produksi dari kelapa bulat hingga menjadi santan siap ekspor.

Setelah melihat secara langsung proses produksi tersebut, Herman Deru langsung melepas keberangkatan santan kelapa dari Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 79.200 Kilogram ke China dan 12.600 Kg ke Hongkong dengan nilai ekspor sebesar Rp. 1.071.840.000.

“Hari ini, begitu luar biasa. Kita ekspor santan kelapa ke China dan Hongkong. Sebagai kepala daerah, saya sangat bangga. Karena, ini adalah langkah besar yang berdampak langsung kepada petani kelapa.” ungkapnya.

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dua periode itu, memberikan apresiasi yang tinggi kepada perusahaan, karena apa yang dilakukan berimbas positif bagi ekonomi petani kelapa di Sumsel. Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dan Petani Kelapa, dirinya mengucapkan terima kasih.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Resmikan Rumah Sakit Hewan Pertama Di Sumatera

Di kesempatan yang sama, Herman Deru menceritakan, sebelum sebelum dilantik menjadi Gubernur, dirinya bertemu dengan perwakilan petani kelapa. Dalam pertemuan itu, petani mengeluhkan rendahnya harga jual kelapa di tingkat petani, yang bekisar antara 300 hingga 600 rupiah per butir.

“Setelah menjadi gubernur, ini menjadi pekerjaan rumah bagi saya. Selanjutnya, saya gagas membuat produk hilirisasi dari kelapa ini.” tegas Herman Deru.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, memperhatikan santan hasil produksi PT. Kelapa Puncak Nusantara, hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019. (foto : humas pemprov sumsel)
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, memperhatikan santan hasil produksi PT. Kelapa Puncak Nusantara, hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019. (foto : humas pemprov sumsel)

 

Dia menilai, pohon kelapa memiliki kelebihan jika dibandingan dengan pohon lainnya. Misalnya, bagian batang bisa dijadikan sebagai bahan bangunan. Begitu juga bagian daun dan buah. Olah karena itu, Herman Deru mengajak warga untuk kreatif dalam memanfaatkan potensi yang ada untuk meningkatkan nilai jual dari kelapa.

Baca Juga  Herman Deru Ajak Jaga Kelestarian Ekosistem Laut

“Maka kita juga dituntut untuk mengubah pola fikir kita dalam meningkatkan produksi secara komprehensif.” imbuhnya.

Selain itu, sebagai orang nomor satu di Sumsel, Herman Deru mengingatkan semua pihak yang terkait untuk memberikan insentif kepada pelaku usaha dalam bentuk mempermudah perizinan. Karena, masih banyak komoditas lain yang memiliki nilai jual, contohnya adalah kelapa.

“Untuk komoditas lain seperti kopi, duku, dan durian, juga memiliki peluang yang besar untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Kita yakin, ini akan membanggakan Sumsel, jika kita garap dengan serius.” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Kabarantan) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ali Jamil, mengatakan bahwa apa yang dilakukan kali ini, adalah bentuk dari akselerasi ekspor yang ada di Indonesia, khususnya di bidang pertanian.

“Hari ini kita buktikan, santan kelapa kita berangkatkan ke Negara Cina dan Hongkong. Bahkan, Belanda dan Amerika Serikat juga menerima kelapa dari Sumsel” ucapnya. (ohs/adv)



Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Situs berita online rujukan masyarakat Sumatera Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *