Beranda Pemerintahan Terima Rombongan Danlanal, Herman Deru Ajak Cegah Kecelakaan Di Laut

Terima Rombongan Danlanal, Herman Deru Ajak Cegah Kecelakaan Di Laut

101
0
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru,, saat menerima audensi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang, Letkol Laut (P) Suryanto, bertempat di ruang Rapat Griya Agung, Palembang, Jumat (25/1/2019). (gambar : globalplanet.news)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru,, saat menerima audensi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang, Letkol Laut (P) Suryanto, bertempat di ruang Rapat Griya Agung, Palembang, Jumat (25/1/2019). (gambar : globalplanet.news)

PALEMBANG — Pangkalan TNI Angkatan Laut (lanal) Kota Palembang bersama dengan rombongan, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka beraudiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan, hari Jum’at tanggal 25 Januari 2019 di Ruang Rapat Griya Agung.

Rombongan Lanal yang terdiri dari Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal), Letkol Laut (P) Saryanto, Letkol Amrul Ardiansyah sebagai Palaksa Lanal Palembang, Mayor Dono Istiarto sebagai Pasops Lanal Palembang, dan Mayor Doli Iskandar sebagai Dandenpomal Lanal Palembang, menyampaikan bahwa maksud dan tujuannya melakukan kunker itu adalah dalam hal menjaga keamanan daerah maritim dalam lingkup Palembang dan Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kami disini, sebagai orang yang memiliki tugas untuk mengurusi kemaritiman di Sumsel. Kami tentu sangat memerlukan koordinasi dengan Pemprov Sumsel, mengenai harapan seperti apa nantinya area kemaritiman yang ingin diwujudkan.” kata Letkol Laut (P) Saryanto, Danlanal Palembang.

Sementara itu, dalam acara audiensi tersebut, Gubernur Sumsel menyampaikan bahwa, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh Danlanal selama ini, dalam hal pengembangan daerah kemaritiman.

“Palembang sebagai bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, adalah provinsi yang sangat seksi dalam permasalahan kemaritiman. Terutama menyangkut masalah keamanan dalam berlalu lintas di laut dan juga faktor kesadaran masyarakat tentang kebersihan daerah laut atau sungai.” kata Herman Deru.

Gubernur yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu menambahkan, dalam hal keamanan lalu lintas lalut, cukup memprihatinkan. Dalam faktor keselamatan, korban kecelakaan penumpang pengguna transportasi laut, masih bisa dikatakan tinggi.

“Sebenarnya, ada dua faktor utama yang menjadi penyebab tingginya tingkat kecelakaan di laut. Pertama, kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang keselamatan di laut. Kedua, apakah mungkin moda transportasi kita yang tidak aman.” urai Bang HD.

Ke depan, Bang HD mengajak semua pihak yang tergabung dalam hal mengurus permasalahan kemaritiman, untuk bersinergi mencegah kecelakaan lalu lintas. Pihak TNI Angkatan Laut, Dinas Perhubungan, dan Airud, bisa mengkaji ulang secara bersama, terkait permasalahan dan solusi yang dibutuhkan.

“Pihak terkait, perlu juga membuat rambu-rambu lalu lintas di perairan Sumsel dan menindak tegas nakhoda atau joki yang tidak memiliki izin kemudi. Serta melakukan uji kelayakan moda transportasi laut. Selain itu, saya berharap tidak ada lagi orang yang buang sampah di sepanjang aliran sungai. Karena sampah plastik, kayu, dan juga balok, secara langsung dapat membahayakan.” ajak Bang HD.

#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here