Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya
Board Of Director Of Rumah Zakat
Board Of Director Of Rumah Zakat

15 Kali Laporan Keuangan Dapat Opini WTP, CEO Rumah Zakat : “Ini Semua Do’a Seluruh Donatur dan Mitra”

JAKARTA — Rumah Zakat kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan di tahun 2021. Ini kali ke 15 Rumah Zakat mendapatkan opini tersebut yang merupakan opini tertinggi dalam bidang Audit Keuangan.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, bahwa semua lembaga amil zakat harus bersedia diaudit syariat dan keuangan.

Menurut CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, salah satu tantangan bagi pengelola zakat adalah memperoleh kepercayaan dari masyarakat dan dengan melakukan audit dapat meningkatkan kepercayaan terhadap Rumah Zakat.

“Alhamdulillah laporan keuangan Rumah Zakat tahun 2021 kembali mendapatkan opini WTP. Selain itu Rumah Zakat sebagai lembaga Amil nasional mendapat akreditasi A pada audit syariah kementerian agama di tahun 2018, dengan nilai akreditasi 99,62 dan kepatuhan syariah 97,22,” tutur Nur Efendi.

Baca Juga  Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, Rumah Zakat Respon Bencana di Lima Titik

Sampai dengan tahun ini, Rumah Zakat terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk BNPB. Kolaborasi tersebut mulai dari respon bencana alam di Indonesia, hingga program mitigasi bencana. Dalam mitigasi bencana, Rumah Zakat telah membangun 60 Desa Tangguh Bencana yang tersebar di berbagai wiayah Indonesia. Di awal Maret ini, Rumah Zakat meresmikan Desa Tangguh Pesisir di Desa Mirring, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Desa Tangguh Bencana ini merupakan program pelestarian dan pengelolaan mangrove sebagai benteng dari abrasi dan tsunami yang diintegrasikan dengan pelatihan siaga bencana kepada kelompok tani mangrove berupa Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Dengan demikian diharapkan terbentuklah keluarga tangguh bencana sesuai dengan misi dari BNPB.

Baca Juga  Rumah Zakat Raih Penghargaan Penanggulangan Bencana dari BNPB

Dengan adanya penghargaan ini, Nur Efendi meminta kepada semua pihak agar terus mendoakan Rumah Zakat tetap Istiqomah dan Amanah. “Do’akan kami agar selalu amanah dan profesional dalam mengelola dana ZISWAF dan kemanusiaan untuk kebermanfaatan yang lebih luas.” tuturnya.