Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Berhasil Implementasikan Instruksi Presiden Tentang Percepatan Pembangunan Sepak Bola, Kemenpora Apresiasi Pemprov Sumsel

InilahSumsel.com, Palembang — Ide dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional melalui Gerakan Sejuta Bola, Piala Gubernur, dan membangun stadion di 17 Kabupaten dan Kota, mendapatkan apresiasi dari Kementerian Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Program-program yang sudah digulirkan oleh Herman Deru beserta jajarannya itu, menjadi Pilot Project bagi daerah lainnya di Indonesia dan Sumsel diminta untuk melakukan presentasi melalui Road Map Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional Tahun 2020 yang digelar oleh Kemenpora Republik Indonesia dan diikuti oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta seluruh Gubernur dan Sekretaris Daerah (Sekda) di Indonesia pada hari Minggu malam tanggal 29 November 2020.

Dalam acara tersebut, Sekda Sumsel, H. Nasrun Umar, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Akhmad Yusuf Wibowo, bersama dengan jajaran, memaparkan bagaimana keberhasilan Sumsel menjalankan Inpres tersebut melalui Program Gerakan Sejuta Bola. Sebab, Sumsel dibawah kepemimpinan Herman Deru sebagai Gubernur, berhasil mengimplementasikan Percepatan Pembangunan Persepakbolaan di Indonesia.

Baca Juga  Herman Deru : "Jalan Rusak di OKU Segera Dituntaskan"

“Sumsel menjadi Pilot Project Percontohan dan ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat. Kita Sumsel mampu mengimplementasikan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tersebut, sehingga total di Sumsel, kita sudah memberikan bantuan bola ke 17 Kabupaten dan Kota serta total ada 10 Stadion di Kabupaten dan Kota yang dibangun.” kata Akhmad Yusuf Wibowo, Kadispora Sumsel.

Menurut Akhmad Yusuf Wibowo, dengan adanya apresiasi ini, maka menjadi spirit dan memberikan semangat bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk memajukan dunia sepak bola di Sumsel. “Kita jadi contoh mengejawantahkan dan mengimplementasikan inpres tersebut tanpa menunggu anggaran. Tentunya kita akan melanjutkan program ini dengan Program Setuja Bola diikuti oleh seluruh Sekda dan Kadispora se Sumsel.” ujarnya.

Baca Juga  Muslimat NU Sumsel Harus Jadi Teladan

Dirinya menegaskan, akan terus melakukan percepatan Program Sejuta Bola, menyelenggarakan kompetisi, dan melanjutkan membangun stadion, fasilitas dan sarana pra sarana untuk kemajuan persepakbolaan di Sumsel. “Seperti diketahui, Pemprov Sumsel melalui Dispora Sumsel sudah menggelar Piala Gubernur Tahun 2019 yang lalu dan diikuti lebih dari 300 SSB di 17 Kabupaten dan Kota di Sumsel. Program ini akan berlanjut pada tahun 2021 mendatang.” tutur Akhmad Yusuf Wibowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *