Sumsel Maju Untuk Semua
Bunda Baca Muba Webinar Bersama 8 Perpustakaan Desa, Perpustakaan Desa Bukit Jaya Siap Melaju ke Tingkat Nasional
Bunda Baca Muba Webinar Bersama 8 Perpustakaan Desa, Perpustakaan Desa Bukit Jaya Siap Melaju ke Tingkat Nasional

Bunda Baca Muba Webinar Bersama 8 Perpustakaan Desa, Perpustakaan Desa Bukit Jaya Siap Melaju ke Tingkat Nasional

Inilahsumsel.com, Palembang – Prestasi Perpustakaan Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin patut menjadi contoh bagi perpustakaan desa di Kabupaten Musi Banyuasin lainnya, pasalnya perpustakaan tersebut telah meraih prestasi sebagai Juara Pertama Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan Lolos Babak Nominasi 6 Besar Klaster B Tingkat Nasional Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional tahun 2020.

Apresiasi dan suport langsung disampaikan langsung oleh Bunda Baca Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza didampingi Kepala DPK Muba Drs Yohanes Yubhar MM dan Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Sekretaris Dinkominfo Nurzahrawati saat melaksanakan Webinar bersama 8 (Delapan) Perpustakaan Desa, terkait Pembinaan Perpustakaan Desa dalam upaya meningkatkan Literasi Masyarakat di Pedesaan, Selasa (18/8/2020) di Ruang Rapat Guest House Griya Bumi Serasan Sekate

Dalam kesempatan ini, Hj Thia Yufada Dodi Reza mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomitmen untuk terus mendampingi dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat di pedesaan dalam wilayah Kabupaten Muba.

Selain itu, Ibu dari kembar Attaly dan Alleta ini juga mensupport dan mendukung kegiatan-kegiatan yang positif dari perpustakaan desa-desa di Muba, terutama Perpustakaan Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin yang akan melanju lomba ke tingkat nasional, dan optimis Perpustakaan Desa Bukit Jaya siap melaju dan meraih juara di tingkat Nasional.

“Kami mengucapkan selamat kepada pak Jahari kepala Desa Bukit Jaya dan pengelolaan perpustakaan Sandi Astuti SP atas prestasi sebagai Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Muba Tahun 2020 dan Juara 1 Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020, tetap semangat dan jangan mudah menyerah dalam menghidupkan perpustakaan desa demi meningkatkan literasi masyarakat,”ucapnya.

Baca Juga  Secara Bergilir, Dodi Reza Bagikan 1500 Naskot di Tiap Kecamatan

Selanjutnya, Thia Yufada juga menyampaikan beberapa poin penting sebagai arahannya untuk kemajuan perpustakaan desa di Wilayah Kabupaten Muba, yaitu perpustakaan desa bisa dimulai dari sudut baca. Lomba perpustakaan tidak hanya berupa gedung dan buku saja harus ada impact-nya dan harus ada pelibatan masyarakat sebagai nilai tambah dari keberadaan perpustakaan desa itu sendiri.

Dikatakannya, cetak birunya bahwa kegiatan masyarakat apa saja bisa dititipkan ke perpustakaan desa. Thia juga menyarankan agar anak-anak mulai dari tingkat TK SD SMP dan SMA diajarkan untuk bercocok tanam di halaman perpustakaan desa sehingga mereka akan lebih mencintai lingkungan alam sekitarnya.

“Untuk meningkatkan perpustakaan desa supaya lebih maju, kita harus mampu membuat motivasi dan inovasi yang baik. Selain itu, program PKK juga bisa digandengkan dengan desa. Perlu juga disosialisasikan mengenai Stunting dan gizi buruk yang harus kita cegah,”terangnya.

Stunting ini, lanjut Thia sudah merupakan isu utama nasional. Untuk itu, perlu pencegahan stunting ini, salah satunya dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin oleh Ibu hamil.

Menurutnya, mengonsumsi daun kelor dapat mencegah terjadinya stunting pada bayi yang dilahirkan hal itu disebabkan kandungan nutrisi yang tinggi dari kelor untuk pertumbuhan otak dan fisik janin sejak dalam kandungan. “Mari mengkelorkan masyarakat dan memasyarakatkan kelor dengan memulai menanam daun kelor di halaman perpustakaan desa dan mengajak masyarakat untuk menanamnya sehingga dapat mendukung pencegahan stunting di Kabupaten Muba,”tandasnya.

Senada, Kepala DPK Muba Drs Yohanes Yubhar MM dalam sambutannya, sangat mensupport dan mendukung program perpustakaan desa.

Baca Juga  Pemkab Muba Apresiasi Karang Taruna Yang peduli Lingkungan Sosial Dan Turut Membangun Desa

Dirinya juga berharap agar Desa Bukit Jaya bisa berhasil meraih yang terbaik di lomba Tingkat Nasional.

“Kita pada hari ini webinar bersama 8 perpustakaan desa diantaranya, desa Bukit Jaya, desa Gajah Mati, Desa Sumber Rejeki, desa ngulak, Desa Tegal Mulyo, desa Sumber Harum, dan, desa Bumi Kencana, desa 108 Tunas Harapan, desa Panca Tunggal. Kita doakan perpustakaan Desa Bukit Jaya juga berhasil meraih juara terbaik ditingkat Nasional dan kembali membanggakan kabupaten Muba. Dan semoga perpustakaan lainnya bisa menjadi yang terbaik juga kedepanya,”ujar Yohanes.

Menanggapi hal yang disampaikan, Kepala Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan, support dan segala arahan yang luar biasa menambah pengetahuan dan wawasan pengelolaan perpustakaan desa untuk dapat melangkah menuju lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, kami patut bersyukur atas segala yang telah diraih. Keberhasilan ini, tentunya atas dukungan dari segala pihak. Untuk itu, kami mohon doa dan support dari Bunda Baca Muba ibu Hj Thia Yufada, Pemkab Muba, dan Jajaran DPK Muba. Kami Perpustakaan Desa Bukit Jaya siap melaju dan membanggakan Kabupaten Muba,”pungkasnya. (*)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Riduansyah S.Kom.I.

Riduansyah S.Kom.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *