H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Dodi Reza, Bupati Kabupaten Musi Banyuasin
Pemkab Muba rencanakan Kerja sama Dengan BAIS Deteksi Potensi Konflik Hingga Amankan Objek Vital
Pemkab Muba rencanakan Kerja sama Dengan BAIS Deteksi Potensi Konflik Hingga Amankan Objek Vital

Deteksi Potensi Konflik, Pemkab Muba Rencanakan Kerja Sama dengan BAIS

InilahSumsel.com, Musi Banyuasin — Rencana Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza, untuk meningkatkan pengetahuan Kepala Desa (Kades) di daerahnya dalam memaksimalkan deteksi dini potensi konflik, direspon positif oleh warga Muba.

Hal ini bakal terealisasi setelah pada 6 Juli 2020 lalu, Dodi Reza berkesempatan menemui langsung Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Pusat, Marsekal Madya TNI, Kisenda Wiranatakusumah, M.A., di Kantor BAIS, Kalibata, Jakarta Pusat.

Dimana dalam kesempatan tersebut, Kepala BAIS merespon positif ide terobosan yang dimiliki oleh Dodi Reza untuk melatih Kades dalam mendeteksi dini untuk menjaga Zero Conflict di Muba, termasuk program menjaga keamanan dan ketentraman NKRI, khususnya di Muba.

“Kita akan memaksimalkan pengetahuan deteksi dini potensi konflik bagi semua Kades di Muba, dengan harapan mereka lebih All Out turut andil mengamankan objek vital strategis di wilayah Muba.” ujar Dodi Reza, saat menerima Komandan Sub Satuan Tugas BAIS TNI Sumsel, Letkol Ahmad Sayuti, di Mess Perwakilan Muba di Palembang, hari Kamis tanggal 16 Juli 2020.

Baca Juga  Tenaga Pendidik di Muba Belajar Hypno Heart Teaching

Dikatakannya, upaya tersebut tidak lain demi menjaga wilayah Muba yang sangat komitmen dengan Zero Conflict. “Meskikita sangat konsisten dengan Zero Conflict, namun itu harus dipertahankan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muba direncanakan bersama BAIS akan melakukan upaya guna mempertahankan Zero Conflict tetap terwujud di Muba, dengan memberikan penataran atau pelatihan kepada Kades-Kades.” ujar Dodi Reza.

Dodi Reza yang juga merupakan Tokoh Pembina Wilayah Pelopor Perdamaian dari Kementerian Sosial Republik Indonesia ini melanjutkan, rencana kerja sama tersebut, akan menjadi pilot proct di Indonesia. “Prinsipnya kita harus terus maksimal dalam menjaga keutuhan NKRI dan muba akan selalu menjadi yang terdepan demi kondusifitas wilayah Muba.” tegasnya.

Baca Juga  Dua Jembatan Baru Bakal Mudahkan Warga Muara Medak, Bangun Polindes Hingga Sport Center

Sementara itu, Komandan Sub Satuan Tugas BAIS TNI Sumsel, Letkol Ahmad Sayuti, berharap agar nantinya pelatihan Kades-Kades di Muba bisa dilakukan di Satuan Induk BAIS TNI Cilendek. “Prinsipnya, ide terobosan Bapak Bupati ini sangat baik dan komitmen seutuhanya menjaga keamanan NKRI terkhusus di wilayah Muba.” ujarnya. (ril)

H. Hendri Zainuddin, Ketua KONI Sumsel

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *