Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya
Penggemar atau penghobi Ikan Cupang Hias mengikuti kegiatan Lomba Ikan Cupang Hias yang diadakan oleh Betta Team dan difasilitasi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).
Penggemar atau penghobi Ikan Cupang Hias mengikuti kegiatan Lomba Ikan Cupang Hias yang diadakan oleh Betta Team dan difasilitasi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Dinas Perikanan Muba Fasilitasi Lomba Ikan Cupang Hias

InilahSumsel.com, MUSI BANYUASIN — Penggemar atau penghobi Ikan Cupang Hias mengikuti kegiatan Lomba Ikan Cupang Hias yang diadakan oleh Betta Team dan difasilitasi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Lomba ini diikuti sebanyak 302 ekor ikan hias.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Muba, Hendra Tris Tomi, S.S.T.P., melalui Seketaris Dinas Perikanan, Nespo Azhar, mengatakan, tujuan dilaksanakanya kontes ikan Cupang Hias ini adalah untuk menambah edukasi, semangat, dan menjalin silatuhrahmi terhadap sesama penghobi ikan cupang hias.

“Kegiatan Lomba ini diadakan oleh Betta Team yang peserta dari berbagai daerah, diantaranya dari Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kota Lubuklinggau, Provinsi Bengkulu, dan dari Kabupaten Musi Banyuasin, peserta yang mengikuti lomba ikan Cupang hias ini berjumlah 305 ekor ikan hias.” jelasnya.

Baca Juga  Camat Jirak Jaya Duduk Bersama Temukan Solusi Perbaikan Jalan Sepanjang 7 Kilometer

Ia mengatakan, diadakannya lomba Ikan Cupang Hias ini, karena memang karisma Ikan Cupang sangatlah dikenal oleh masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. “Hal ini dikarenakan Ikan ini yang sangat cantik, memilik warna yang indah serta perilakunya yang unik dan menjanjikan para penghobi untuk semakin menyukai.” terangnya.

Lanjutnya, ikan ini salah satu ikan yang mempunyai kekuasaan dari masing-masing di alam liarnya. Jika merasa terancam atau ada musuh yang mendekati, ikan ini akan mengembangkan ingsangnya untuk menakuti lawan. “Nah, proses tersebut tentu saja menimbulkan atau menampilkan keindahan yang bisa kita lihat dari ikan cupang ini, terutama bagian ekor dan siripnya.” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Sarbini, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba yang telah memfasilitasi kegiatan lomba Ikan Cupang Hias, meski di tengah Wabah Pandemi Covid-19, dalam pelaksanaanya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga  Bupati Muba : Ditengah Pandemik Pramuka Berbakti Tanpa Henti

“Dengan harapan ke depannya kegiatan lomba tak hanya tingkat daerah, namun bisa ke tingkat nasional, karena para penghobi ikan Cupang Hias ini sudah banyak sekali. Mengenai kriteria penilaianya tentunya sesuai dengan bentuk dan warna ikan cupang hias itu.” tukasnya. (*)