H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Dodi Reza, Bupati Kabupaten Musi Banyuasin
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, meninjau produk-produk UMKM yang dipamerkan di Deskranasda, Jakabaring.
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, meninjau produk-produk UMKM yang dipamerkan di Deskranasda, Jakabaring.

Dongkrak Pendapatan Pelaku UMKM, Herman Deru Bantu Promosikan Produk UMKM Melalui IG Pribadi

InilahSumsel.com, Palembang — Selain getol melakukan blusukan membantu warganya yang kesulitan di masa pandemi Virus Corona saat ini, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) juga pintar memutar otak untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bidang kuliner yabg terkena imbas.

Dalam waktu seminggu ini, Gubernur Sumsel terlihat rajin mempromosikan beraneka ragam kuliner melalui akun instagram pribadi miliknya. Beliau memberikan promosi secara cuma-cuma demi mendongkrak kembali penjualan pelaku UMKM yang sedang sepi dikarenakan pandemi tersebut.

Selain Peyek, Gubernur Sumsel juga tidak sungkan mempromosikan kuliner tradisional lainnya seperti Bolu, Laksan, Martabak HAR, Aneka Lauk Makan, Seafood, Cumi, Kolak Durian, dan masih banyak yang lainnya. Upaya ini tidak sia-sia. Sejumlah pelaku UMKM yang dipromosikan pun langsung merasakan dampaknya setelah dipromosikan orang nomor satu di Sumsel itu.

Pemilik Peyek Mom Cetur, Rika, mengungkapkan bahwa di masa sulit seperti saat ini, Sumsel memang membutuhkan figur pemimpin yang memiliki karakter tangguh dan berinovasi tinggi, sehingga tetap mampu mendorong kesejahteraan masyarakat. “Saya mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Bapak Gubernur. Tentunya, pelaku UMKM seperti kami, sangat terbantu dengan apa yang dilakukannya.” katanya saat dihubungi, hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020.

Baca Juga  Angkat Potensi Budaya Sumsel Lewat Lomba Lagu Daerah

Lebih lanjut dia menambahkan, dengan adanya bantuan promosi dari Gubernue Sumsel, tentu mendongkrak kembali pendapatan pelaku UMKM, termasuk usahanya, uang sebelumnya sempat menurun akibat virus corona ini. “Sebelumnya memang menurun drastis. Alhamdulillah, karena promosi dari Bapak Gubernur Sumsel, penjualan kembali naik. Bahkan, sekarang permintaannya terus meningkat dan sampai bingung, karena semuanya dikerjakan sendiri. Meski cuma promosi secara online, tapi dampaknya sangat besar bagi kami.” tuturnya.

Ditemui saat pulang dari kantor hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020, Gubernur Sumsel mengungkapkan, apa yang dilakukannya hanyalah sebagian kecil dari bentuk kepeduliannya kepada pelaku UMKM yang kini sedang dilanda kesulitan dalam memasarkan produk.

“Ya itulah, kita harys mendukung mereka juga. Betul kalau saat ini kita lagi konsen masalah virus corona atau Covid, tapi kan ada hal-hal lain yang harus tetap terjaga kehidupannya, ekonomi, sosial, dan budaya. Bukan berarti kita fokus di satu sisi, sementara yang lainnya di tinggal. Namanya gubernur, ya memimpin semua lini.” ujar Herman Deru, Gubernur Sumsel.

Baca Juga  Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Semakin Membaik, Herman Deru Yakin Kemiskinan Turun Drastis

Menurut Herman Deru, di kondisi yang sulit saat ini, dia ikut merasakan kesulitan pelaku UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner. Mereka kesulitan berjualan, karena banyak pertokoan yang harus tutup karena sepinya pembeli.

“Mereka ini butuh bantuan promosi, jadi kalau peminpin daerah ikut mempromosikan produknya, maka akan hemat biaya promosi. Makanya saya ajak juga bupati dan wali kota di Sumsel untuk melakukan endorse produk-produk UMKM. Jadi bukannya kita itu makan enak di tengah penderitaan orang lain. Bukan begitu. Orang yang mencela itu, justru tidak mengerti bahwa saat ini teman-teman UMKM ini butuh bantuan.” ungkapnya. (ril)

H. Hendri Zainuddin, Ketua KONI Sumsel

About Oyong Hairudin

Oyong Hairudin
Kontributor InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *