Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya

Dukung Kepala Daerah Wujudkan Visi Indonesia Maju, H. Nasrun Umar Pimpin Rakor FORSESDASI

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, memimpin Rapat Koordinasi Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) tahun 2021. (foto ; Humas Pemprov Sumsel)
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, memimpin Rapat Koordinasi Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) tahun 2021. (foto ; Humas Pemprov Sumsel)Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, memimpin Rapat Koordinasi Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) tahun 2021. (foto ; Humas Pemprov Sumsel)

InilahSumsel.com, Palembang — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI), H. Nasrun Umar, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Silaturahmi antara DPP FORSESDASI secara virtual di Command Centre Kantor Gubernur Sumsel, pada hari Jum’at tanggal 22 Januari 2021.

Dalam Rakor yang mengambil tema Peran Sekretaris Daerah Dalam Mewujudkan Pemerintahan Daerah yang lebih baik menuju Indonesia Maju tersebut, menghadirkan sejumlah pemateri dan narasumber yang berkompeten. Diantaranya yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si., dengan materi Penanganan dan Penggunaan Dana Covid-19 yang akuntabel dan tepat sasaran bagi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten serta Kota.

Selain itu, ada juga Asisten Deputi (Asdep) Manajemen Karier dan Talenta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, Aba Subagya, S.Sos., M.A.P., dengan materi Pengangkatan dan Pemberhentian Jabatan Pimpinan Tinggi yang proseduran sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

Baca Juga  Hadiri Rembuk Bersama KTNA Sumsel, Herman Deru Minta Petani Sumsel Miliki Jiwa Enterpreneur

H. Nasrun Umar dalam sambutannya mengatakan, Rakor tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menambah wawasan Sekda agar berpartisipasi aktif guna mendukung Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan melalui pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, berintegritas, dan bekinerja tinggi untuk mewujudkan Pemerintahan Daerah yang lebih baik menuju Indonesia Maju.

“Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, ASN harus tetap produktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Maka pemanfatan teknologi, menjadi salah satu alternatif bagi ASN dalam menyelenggarakan suatu pertemuan maupun memberikan pelayanan di tengah pandemi Covid-19.” ujarnya.

Sosok yang akrab disapa dengan panggilan HNU itu menambahkan, dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahu 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, peran Sekda semakin mempunyai peranan penting dalam mengawal proses perubahan, dengan cara melakukan gerakan reformasi birokrasi. “Di bidang pemerintahan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, ditegaskan bahwa Sekda merupakan jabatan puncak tertinggi dalam pemerintahan.” ungkap Mantan Manager Sriwijaya FC itu.

Baca Juga  Herman Deru Segera Kumpulkan Bupati dan Walikota Bahas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Lebih lanjut HNU menjelaskan, Sekda mempuunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif. “Terkait dengan akuntabilitas penggunaan dana dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, sebagai mana kita ketahui, sudah sedemikian banyak peraturan yang diterbitkan, dan harus kita patuhi.” tegasnya. (ohs/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *