Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya

Dukung Transformasi Digital, Herman Deru Minta TVRI Perbanyak Konten Wisata di Sumsel

InilahSumsel.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, menerima audiensi Direktur Utama (Dirut) TVRI, Iman Brotoseno, di ruang tamunya pada hari Rabu tanggal 14 April 2021. Kedatangannya rombongan, dalam rangka silaturahmi sekaligus melaporkan rencana TVRI nasional dan lokal yang akan melakukan pengalihan siaran dari analog ke digital (ASO).

Dalam kesempatan itu, Herman Deru menyambut dan menanggapi dengan baik rencana tersebut. “Kalo untuk itu, selamat atas transformasinya. Semoga dengan transformasi ini, stasiun televisi TVRI bisa menjadi salah satu stasiun favorit bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dirinya mengharapkan, dengan adanya perubahan tranformasi TVRI menjadi TV Digital, bisa menghadirkan inovasi dengan konten dan siaran yang inovatif bagi masyarakat. “Tentu saya menaruh harapan kepada TVRI Sumsel, bisa memberikan informasi dan inovasi yang baru untuk masyarakat Sumsel. Bila perlu, kita adakan siaran yang menonjolkan kearifan lokal Sumsel di setiap daerah-daerahnya.” harapnya.

Menurut sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu, TVRI sedari dulu memang sudah menjadi salah satu stasiun televisi yang independen dan akurat. Tergerusnya stasiun televisi lokal, merupakan salah satu perkembangan dari teknologi internet sekarang. “Kita punya tanggung jawab edukatif bagi masyarakat karena itu kita harus bisa lebih erat dalam berkoordinasi memberikan siaran yang masyarakat menarik untuk ditonton.” katanya.

Baca Juga  Mawardi Yahya Minta Pejabat Fungsional Yang Dilantik Lakukan Inovasi

Selain itu, Bang HD juga meminta antara TVRI Sumsel dan Pemerintah Provinsi saling bersinergi memberikan masyarakat siaran menarik. Sehingga membuat masyarakat ingin menonton TVRI. “Untuk hal memberikan masyarakat siaran yang inovatif, kita bisa berikan konten mengenai pariwisata yang ada di Sumsel, tolong itu diadakan untuk kedepannya.” tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama TVRI, Iman Brotoseno, melaporkan, berubahnya siaran analog ke digital yang akan segera terealisasi pada November 2022 mendatang. “Saat ini, TVRI memiliki 4 kanal yang terdiri dari 1 kanal analog dan 3 kanal digital. Bahkan saat ini, hampir seluruh stasiun TVRI penyiaran daerah sudah siaran dual cast analog dan digital,” katanya.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Nilai Wali Kota Lubuklinggau Layak Diberi Penghargaan

Saat ini, 11 kota besar di Indonesia mengalami perubahan siaran dan TVRI mempunyai pemancar sebanyak 361yang tersebar di seluruh Indonesia. “Untuk perubahan siaran ini, nantinya kita dibantu dengan Kominfo untuk alat yang nantinya membantu dalam siaran berlangsung,” ujar Iman.

Mengenai usulan Gubernur agar TVRI memberikan space konten untuk tayangan pariwisata Sumsel, disambut baik oleh Dirut TVRI Iman Brotoseno. “Pastinya hal-hal yang inovatif yang disarankan oleh Pak Gubernur, akan kami tindak lanjuti. Karena ini juga untuk masyarakat tahu, dan memberi dampak positif bagi TVRI Sumsel,” tandasnya.