Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya

Gubernur Sumsel Bantu Pembangunan Jalan, Jembatan, dan Pendidikan di Kabupaten OKI

Gubernur Sumsel, Herman Deru, bersama Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir(Foto : Humas Pemprov Sumsel)
Gubernur Sumsel, Herman Deru, bersama Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir(Foto : Humas Pemprov Sumsel)

InilahSumsel.com, Palembang — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, akan terus melakukan pemerataan pembangunan di sejumlah daerah, termasuk di kawasan selatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pernyataan itu diungkapkannya usai mendengarkan Paparan Program Prioritas Tahun Anggaran 2021 yang disampaikan oleh Bupati OKI, Iskandar, di ruang rapat Gubernur Sumsel pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021.

Menurut Herman Deru, Kabupaten OKI menjadi daerah ke 9 yang telah memaparkan program kerja prioritasnya di awal Tahun 2021 ini. Dirinya selaku Gubernur, akan berupaya untuk  membantu Kabupaten dan Kota dalam menyelesaikan sejumlah proyek yang mangkrak ataupun program percepatan peningkatan ekonomi kerakyatan melalui tersedianya infrastruktur yang layak.

Alokasi  Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) nantinya, lanjut Herman Deru, akan diperioritaskan untuk kegiatan kategori super proritas, yaitu pembangunan mangkrak dan sudah selesai Feasibility Study (studi kelayakan bisnis). Kategori proritas ditujukan bagi pembangunan fisik yang menjadi sorotan mata masyarakat. Sedangkan untuk kategori regular, merupakan pembangunan rutin tahunan yang menjadi tanggungjawab kabupaten dan kota.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Ingatkan Warga Penerima Bansos Tidak Konsumtif

“Ada tiga kategori yang menjadi pertimbangan dalam realisasi Bangubsus ini, yakni kategori super proritas, proritas, dan regular.” ucapnya.

Dia menyebutkan, Bangubsus merupakan bentuk perhatian pemerintah provinsi dalam mewujudkan infrastruktur merata di sejumlah kabupaten dan kota di Sumsel. Termasuk di Kabupaten OKI, yang menjadi etalasenya Sumsel di kawasan selatan.

“Memang Bangubsus ini lebih fokus ke fisik saja, seperti pembangunan jalan, jembatan, bidang kesehatan, dan pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan jika dibutuhkan juga menyentuh ranah non fisik.” terangnya.

Di lain pihak, Bupati OKI mengatakan, APBD Kabupaten OKI tidak memungkinkan menyelesaikan sejumlah proyek pembangunan, termasuk bidang infrastruktur. Dimana Kabupaten  OKI hanya memiliki APBD sebesar Rp. 2,5 Triliun yang harus mengcover luas wilayah 19.000 km persegi.

Baca Juga  Wagub Sumsel Dorong PPRMM Berkontribusi Tingkatkan Perekonomian Sumsel

Menurut Iskandar, sejumlah  program yang diusulkannya kepada Gubernur Sumsel diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, jalan, dan jembatan.

“Kita juga telah menyampaikan, program yang sangat mendesak dan berharap Pak Gubernur dapat meresponya melalui Bangubsus Tahun Anggaran 2021 ini.” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *