Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Gubernur Sumsel Minta Kebijakan Berpihak Ke Pelaku UMKM

PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru, berharap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumsel terus berkembang pesat. Pernyataan itu disampaikannya, saat menerima kunjungan kerja rombongan Komite IV DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia), di Ruang Rapat Bina Praja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, hari Senin tanggal 29 Januari 2019.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga meminta agar kebijakan regulasi yang dikeluarkan oleh para wakil rakyat yang ada di DPD RI atau DPR RI, agar dapat berpihak kepada pelaku UMKM. Mengingat, selama ini mereka masih banyak kesulitan. Terutama dalam hal mendapatkan suntikan modal melalui perbankan, karena terkait dengan jaminan yang dimiliki oleh UMKM.

“Saya meminta para wakil rakyat dan instansi terkait, agar dapat memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Selama ini, pemerintah telah berupaya memberikan subsidi, selama tidak menyalahi aturan. Dengan catatan, pinjaman yang dikucurkan juga tidak boleh digunakan untuk kebutuhan konsumtif.” kata H. Herman Deru.

Baca Juga  PSSI Akui Kesiapan Pemprov Sumsel Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Dia berpendapat, UMKM memiliki peranan yang strategis di Indonesia, terutama di Sumsel. Pasalnya, sektor ini mampu menyerap tenaga kerja yang banyak dan dapat bertahan dari guncangan krisis ekonomi global.

“Kita akan terus berikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi perilaku UMKM di Sumsel untuk dapat ikut menggerakkan perekonomian, baik dalam sektor pertanian, perkebunan, dan sektor transportasi.” ujar H. Herman Deru.

Gubernur yang dikenal sangat bersahabat dengan masyarakat itu menambahkan, Pemprov Sumsel akan terus mendorong percepatan pembangunan di semua bidang, dengan memperkuat Sumber Daya Manusia yang dimiliki dan tetap memanfaatkan teknologi yang ada, sebagai upaya mencapai target ekonomi makro yakni pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan turunnya angka kemiskinan serta angka pengangguran dapat ditekan, termasuk pengendalian inflasi.

“Sekarang, jumlah UMKM yang ada di Sumsel sebanyak 161.726 unit. Kita berharap, dengan banyaknya UMKM ini, akan ikut membantu menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan, terutama yang ada di Sumsel.” tuturnya.

Baca Juga  Pemprov Sumsel Luncurkan Aplikasi SipantauCovid19SS

Sementara itu, Wakil Ketua Komite IV DPD RI, Siska Marleni, menjelaskan bahwa sampai saat ini sudah banyak aspirasi yang masuk kepada dirinya terkait dengan UMKM. Oleh karena itu, dirinya bersama dengan Jamkrida, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pihak terkait, bersama-sama akan membantu meningkatkan kemajuan pelaku UMKM di Sumsel.

“Peran UMKM ini sangat strategis dalam mengatasi krisis ekonomi. Inilah yang membantu perekonomian kita. Di pusat, regulasi UMKM juga sudah cukup baik.” ungkap Siska Marleni. (ohs/tribunnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *