Sumsel Maju Untuk Semua
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru

Gubernur Sumsel Usulkan Jembatan Layang Lematang Masuk Proyek Strategis Nasional

InilahSumsel.com, Palembang — Keinginan masyarakat Kota Pagaralam agar pembangunan Jembatan Lematang kembali dimasukkan kedalam Program Strategis Nasional (PSN), langsung disetujui Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru. Dia mengatakan, paling lambat bulan Januari 2020 mendatang, akan menghadap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Gak bisa kita diamkan begini. Momentum inilah sebenarnya yang harus kita siasati. Karena usulan itu sebenarnya sudah lama saat Solok dibangun. Tapi waktu itu tidak masuk PSN. kalau ini, saya fikir tidak ada alasan lagi untuk tidak masuk PSN. Jadi, kita akan segera mohon pada Kementerian PUPR untuk memasukkan Lematang Indah dan Lekuk Endikat yang ada di Pagaralam agar segera dibangun jembatan layang.” kata Herman Deru, saat menghadiri acara Kaleidoskop Pemprov Sumsel tahun 2019 di Griya Agung, Palembang, hari Kamis sore tanggal 26 Desember 2019.

Kebutuhan ini, tambah Herman Deru, sudah sangat mendesak karena terlalu banyak korban yang ditimbulkan. “Saya fikir, pada pertemuan pertama tahun 2020 nanti, sudah langsung saya usulkan.” janjinya.

Baca Juga  Herman Deru Gelar Open House Melalui Virtual Zoom

Sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sebenarnya tidak pernah tutup mata akan kebutuhan jembatan tersebut. Namun, untuk membangun jembatan agar memperpendek jarak tempuh itu, membutuhkan pendanaan yang sangat besar.

“Kita belum ada kemampuan uang yang memadai untuk membangun jalan layang untuk memperpendek jarak tersebut. Ini waktu yang pas untuk kita usulkan kembali, karena ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama.” imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, keinginan pembangunan Jembatan Lematang itu kembali mencuat pasca terjadinya kecelakaan maut Bus Sriwijaya di liku lematang pada hari Seni tanggal 23 Desember 2019. Kecelakaan tersebut menewaskan 35 orang dan hingga kini petugas masih terus melakukan evaluasi korban dari dalam jurang.

Baca Juga  Herman Deru Minta Uang Kuliah Diringankan

Menanggapi kejadian tersebut, Alfrenzi Panggarbesi yang menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumsel dan terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lahat, Pagaralam, dan Empat Lawang, mengharapkan upaya pembangunan Jembatan Layang Lematang yang pernah diusuhkan oleh Pemerintah Kota Pagaralam pada tahun 2015 yang lalu, kembali diusulkan ke pemerintah pusat. Apalagi sudah banyak tahapan yang dipenuhi, sehingga Jembatan Layang Lematang bisa terwujud pembangunannya. Termasuk Detail Engineering Design (DED) telah selesai, namun mentok pada persoalan pembiayaan. (ril/ohs)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *