H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Dodi Reza, Bupati Kabupaten Musi Banyuasin
Plt. Bupati Kabupaten Muara Enim, H. Juarsah, S.H., menghadiri acara pelantikan pengurus SMSI Muara Enim pada hari Selasa tanggal 03 November 2020 di Balai Agung Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim.
Plt. Bupati Kabupaten Muara Enim, H. Juarsah, S.H., menghadiri acara pelantikan pengurus SMSI Muara Enim pada hari Selasa tanggal 03 November 2020 di Balai Agung Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim.

Hadiri Pelantikan Pengurus SMSI, H. Juarsah Ajak Tingkatkan Sinergi Membangun Muara Enim

InilahSumsel.com, Muara Enim — Pengurus Seringat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Muara Enim resmi dilantik oleh Ketua SMSI Sumatera Selatan (Sumsel), Jon Heri, pada hari Selasa tanggal 03 November 2020 di Balai Agung Serasan Sekundang, Kabupaten Muara Enim.

Dalam sambutannya, Jon Heri menjelaskan bahwa hadirnya SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melihat maraknya media online yang ada saat ini dan berada di luar jalur kaedah jurnalistik.

“SMSI dan PWI ini organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSI terlahir dari fikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan di bidang siber yang sudah sangat jauh dari kaedah dan aturan jurnalistik.” ujarnya.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa SMSI diresmikan pada tahun 2015 yang lalu dan bertugas membimbing media siber yang ada untuk memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers menuju perusahaan media yang profesional.

“SMSI ini mempunya wewenang melakukan bimbingan bagi pemilik media siber untuk melengkapi segala bentuk kelengkapan sebagai media, sehingga tidak terjerat UU ITE. Maka itu, bagi kawan-kawan yang memiliki website, untuk segera melengkapi semua persyaratan yang ada hingga medianya memiliki akta perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya.” kata Jon Heri.

Baca Juga  Pengurus SMSI Kalimantan Selatan Periode 2019-2024 Dilantik

Sementara itu, dalam kata sambutannya Ketua SMSI Muara Enim menyampaikan bahwa SMSI Muara Enim siap menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada, demi terciptanya pembangunan yang kondusif di daerah tersebut.

“Hadirnya SMSI di Muara Enim sebagai wadah berkumpulnya para pemilik Media Siber di Muara Enim dan juga sebagai cerminan serta kontrol sosial pembangunan, terkhusus terkait pemerintahan. Apalagi SMSI merupakan organisasi resmi yang menjadi konstituen Dewan Pers setelah PWI sebagai wadah organisasi profesi wartawan yang hadir di Muara Enim.” ungkap Hafizul Ahkam, Ketua SMSI Muara Enim.

Plt. Kabupaten Muara Enim, H. Juarsah, S.H., yang hadir pada acara pelantikan tersebut, memberikan ucapan selamat kepada pengurus yang sudah dilantik. Dirinya pun berharap agar sinergitas antara SMSI, PWI, dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dapat terus terjalin dengan baik, terkhusus di bidang pemberitaan.

“Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional, dan bertanggung jawab. Kemudian memberikan nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat hoax, fitnah, dan provokatif.” ajak H. Juarsah, S.H.

Baca Juga  Tempat Penyulingan Minyak Ilegal di Muba Kembali Terbakar

Kemudian, dirinya pun mengajak awak media untuk dapat berkontribusi secara langsung didalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

“Saya pun mengajak rekan-rekan media untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah, melalui perannya sebagai kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan dan menjadi jembatan antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam sebuah demokrasi, terdapat empat pilar utama kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif sebagai fungsi pemerintahan, legislatif sebagai fungsi aspirasi rakyat, yudikatif sebagai fungsi hukum, dan terakhir adalah pers yang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial.” kata H. Juarsah, S.H.

Adapun kepengurusan SMSI Kabupaten Muara Enim yang dilantik yakni Hafizul Ahkam sebagai Ketua, Taufik Firdaus sebagai Sekretaris, Endang Saputra sebagai Bendahara, dan sebelas pengurus lainnya.

H. Hendri Zainuddin, Ketua KONI Sumsel

About Oyong Hairudin

Oyong Hairudin
Kontributor InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *