Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya

Herman Deru Ajak Jaga Kelestarian Ekosistem Laut

InilahSumsel.com, Jakarta — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, di sela-sela menghadiri acara Sustainable Development Goals (SDGs) Conference 2019 Indonesia yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla, di Fairmont Hotel Jakarta Pusat hari Selasa pagi tanggal 8 Oktober 2019, mengajak semua pihak, khususnya warga Sumsel, untuk menjaga ekosistem kelautan.

“Ini adalah tanggung jawab kita semua. Bagaimana menjaga ekosistem laut ini untuk keberlangsungan ke depan. Tanggung jawab kita kepada generasi muda, anak dan cucu kita kelak.” tegas Herman Deru.

Dikatakannya, dalam menjaga ekosistem laut, dapat dilakukan secara nyata, dengan membudayakan perilaku yang baik yakni mengurangi penggunaan sampah plastik, serta mengurangi dan mencegah ekspolitasi biota laut secara besar-besaran.

“Kita harus peduli, jangan sampai ekosistem laut kita punah dan tidak bersisa bagi generasi mendatang. Ini perlu kita jaga kelestariannya.” ajak Herman Deru.

Baca Juga  Awal November, Pemprov Sumsel Rekrut 1.000 Pegawai

Sementara itu, Wapres Republik Indonesia menyambut baik terselenggaranya acara yang bertajuk Ekosistem Laut Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengurangi Kesenjangan tersebut, sebagai upaya menjaga kekayaan dan kelestarian laut sebagai sumber kehidupan untuk mengurangi kemiskinan.

Keberadaan ekosistem laut, menurut Wapres, sangat penting, mengingat 70 persen dari luas permukaan bumi adalah lautan. Sementara Indonesia dengan luas hampir 8 juta KM Persegi, terdiri atas 22 persen daratan dan 78 persen lautan.

“Lautan sangat penting bagi kita. Karena puluhan juta rakyat Indonesia, bergantung pada kekayaan laut.” ujar Jusuf Kalla, Wapres Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Juusuf Kalla menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang mengancam kehidupan biota laut. Selain menjaga daya laut, juga dapat dilakukan dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang bermukim di pesisir pantai.

Baca Juga  Pemprov Sumsel Terima Bantuan Alat Pelindung Diri

“Meningkatkan potensi wisata bahari dan kelautan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, juga dapat dilakukan dengan tidak merusak ekosistem laut. Disamping mengurangi penggunaan sampah plastik.” ungkapnya. (ril/ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *