Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menghadiri Workshop Personal Branding Kreatifitas Dunia Pendidikan di Gedung Rajawali pada hari Selasa tanggal 4 Mei 2021. (foto : Humas Pemprov Sumsel)
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menghadiri Workshop Personal Branding Kreatifitas Dunia Pendidikan di Gedung Rajawali pada hari Selasa tanggal 4 Mei 2021. (foto : Humas Pemprov Sumsel)

4 Tips Mahir Berpidato Ala Gubernur Sumsel

InilahSumsel.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, terkenal sebagai salah satu kepala daerah yang jago berpidato. Karena itu, dalam kesempatannya membuka workshop Personal Branding Kreatifitas Dunia Pendidikan, di Gedung Rajawali pada hari Selasa tanggal 04 Mei 2021, dirinya membagikan beberapa tips kepada kepala sekolah agar sukses pidato.

Baginya, kemampuan berbicara di depan umum ini sangat dibutuhkan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, sebagai salah satu sarana melakukan branding personal. “Ide ini bagus sekali, karena selama ini belum begitu banyak yang peduli dengan personal branding. Padahal, tidak satu orang pun yang tidak butuh personal branding, apalagi Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah sebagai panutan siswa didik.” tegasnya.

Dalam personal branding, kata Herman Deru, bisa saja seseorang berucap memiliki tujuan yang baik, namun jika penyampaiannya kurang tepat, maka hasilnya tentu juga kurang baik. Karena itulah, saat berbicara di depan umum atau berpidato, dirinya memberikan beberapa tips kepada para kepala sekolah dan wakil kepala sekolah yang hadir.

Baca Juga  Sampaikan LKPJ 2020 di Paripurna, SILPA Sumsel Rp. 40,4 M

“Saat berpidato itu ada 4 alat navigasi yang harus digunakan. Yaitu artikulasi yang harus ditata, kedua intonasi, ketiga redaksi yang mana yang mau didahulukan untuk disampaikan, keempat isi pidato yang smart.” jelasnya.

Selain memperhatikan kemampuan pidato, personal branding itu dapat juga dibangun dengan menjaga kerapian berbusana dan cara menjaga kearifan lokal. “Personal branding ini berlaku untuk profesi apapun, bukan hanya Kepala Sekolah saja, tapi juga polisi, tentara juga perlu, serta apa pun profesinya.” jelas sosok yang akrab disapa dengan panggilan Bang HD itu.

Baca Juga  Herman Deru Ingin Pendidikan di Sumsel Adil dan Merata

General Manager Sumatera Ekspres, Hj. Nurseri Marwah, mengatakan, workshop tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran bagi kalangan kepala sekolah untuk membentuk personal branding yang positif dalam memimpin organisasi. “Bagaimana mereka bisa disukai, baik untuk kalangan guru, siswa, maupun orang tua murid.” ucapnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Presenter terkenal tanah air yakni Helmy Yahya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel dan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel. (*)