Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya

Herman Deru Dorong Bupati OKU Fokus Ciptakan Program Berbasis Ekonomi Kemasyarakatan

Gubernur Sumsel, Herman Deru, rapat bersama Bupati OKU di Ruang Tamu Gubernur, hari Senin tanggal 8 Februari 2021. (ril)
Gubernur Sumsel, Herman Deru, rapat bersama Bupati OKU di Ruang Tamu Gubernur, hari Senin tanggal 8 Februari 2021. (foto : humas pemprov Sumsel)

InilahSumsel.com, Palembang — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, menggelar rapat bersama Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di ruang rapat gubernur, pada hari Senin tanggal 8 Februari 2021.

Dalam kesempatan itu, Herman Deru mendorong Bupati OKU dan Kepala Daerah lainnya di Sumsel untuk membuat program pembangunan yang kompetitif dan dapat membawa manfaat luas pada masyarakat. Dimana program yang dibuat, harus bersifat super prioritas dan ditargetkan dapat rampung akhir tahun ini.

“Tahun ini, program pembangunan memang kita buat berbeda. Artinya, tahun 2021 ini saya ingin keuangan mengikuti program yang diusulkan.” katanya.

Meski demikian, kata Herman Deru, program yang diusulkan tentu akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu, sehingga dana Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) yang akan digelontorkan, dapat direalisasikan untuk program-program yang memang menjadi prioritas.

“Bukan hanya infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi prioritas. Ada kebutuhan lain yang harus dikembangkan, seperti pasar. Namun kita jangan membuat pasar baru, melainkan melakukan peningkatkan pasar yang sudah ada, sehingga dapat semakin meningkatkan kegiatan ekonominya.” paparnya.

Baca Juga  Pasien Covid-19 di Sumsel Kembali Dinyatakan Sembuh

Tidak hanya itu, program pembangunan usulan itu juga harus memiliki daya saing. Sebab, selain dapat menjadi ikon bagi daerah tersebut, juga akan semakin mendongkrak ekonomi kerakyatan.

“Termasuk masalah pembangunan non fisik seperti signal internet, itu juga menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Berikutnya juga mutu dari produksi pertanian seperti karet harus ditingkatkan, sehingga produksi kita dapat terus bersaing dengan negara lain. Semua pihak, baik jajaran yang ada di Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten, harus bersinergi,” terangnya.

Sementara itu Bupati OKU, Kuryana Aziz, dalam paparannya menyebutkan telah penyusun sejumlah program prioritas di Tahun Anggaran 2021. Dari pembangunan pasar, usulan bantuan alat usaha, pembangunan jembatan, balai penyuluhan pertanian, Peningkatan objek pariwisata, peningkatan pusat kesehatan, pembangunan kawasan olahraga, hingga pembangunan kantor polisi.

Baca Juga  Herman Deru Satu-Satunya Gubernur Jadi Narasumber Rakornas Transmigrasi

“Usulan ini juga berdasarkan dari kunjungan Gubernur ke kabupaten OKU  beberapa waktu lalu, sekaligus juga merupakan ide pokok dari rekan-rekan di legislatif.” katanya.

Dia menyebutkan, sebanyak Rp. 178 milyar lebih dibutuhkan untuk merealisasikan usulan tersebut. “Nantinya bisa kita kaji lebih lanjut yang memang sangat prioritas. Jika mengandalkan APBD Kabupaten, tentu pembangunan ini tidak akan terealisasi. Mudah-mudahan pembangunan ini dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (ril/ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *