Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya
Herman Deru pada acara Puncak kegiatan WCD Indonesia tahun 2021 di Taman Edukasi Pertamina RU III yang beralamat di Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, Kota Palembang, pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021. (foto : Humas Pemprov Sumsel)
Herman Deru pada acara Puncak kegiatan WCD Indonesia tahun 2021 di Taman Edukasi Pertamina RU III yang beralamat di Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, Kota Palembang, pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021. (foto : Humas Pemprov Sumsel)

Herman Deru Gelar Aksi Selamatkan Bumi Bareng Milenial Sumsel

InilahSumsel.com, PALEMBANG — Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengaku bangga atas gerakan dan upaya yang telah dilakukan oleh World Cleanup Day (WCD) Sumsel untuk membebaskan bumi dari sampah dengan aksi cleanup dan pilah sampah dari rumah.

Pernyataan itu disampaiknnya langsung oleh Herman Deru pada acara Puncak kegiatan WCD Indonesia tahun 2021 di Taman Edukasi Pertamina RU III yang beralamat di Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, Kota Palembang, pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021.

Kegiatan WCD ini dihadiri pula oleh GM PT. Kilang Pertamina International Unit Plaju, Moh. Hasan Effendi, Leader WCD Sumsel, Meirifa Khairunisa, Camat Plaju, Ahmad Furqon.

Herman Deru mengungkapkan, aktivitas yang telah dilakukan hendaknya tetap dilaksanakan dan menjadi suatu kebiasaan yang akan terus berlanjut, sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap pengelolaan lingkungan hidup di Sumsel.

Baca Juga  Perangi Narkoba, Bupati Muba Libatkan TNI, POLRI, dan Influencer Media Sosial

“Saya ingin kalian menjadi motivator bagi kemanfaatannya. Kita butuh duta-duta literasi di berbagai level, utamanya di lingkungan penduduk. Jika kesadaran kelestarian ini tumbuh, sangat mungkin menjaga keseimbangan alam kita.” tuturnya.

Herman Deru menuturkan, beberapa perusahaan yang ada di Sumsel, selalu ia tekankan untuk  tanggung jawab tentang Daerah Aliran Sungai (DAS), baik itu perusahaan tambang mineral maupun lainnya.

“Semangatlah untuk menjaga, tidak guna kita punya sumber daya manusia hebat tapi alam kita hancur. Apalagi tantangan kita kedepan, kita tidak menggunakan lagi energi fosil, tapi sudah menggunakan energi terbarukan.” tambahnya.

Leader WCD Sumsel, Meirifa Khairunisa, menuturkan, aksi WCD merupakan aktivitas terbesar sedunia, dimana serentak di lakukan di 180 negara lebih.

“Hari ini, seluruh dunia termasuk Indonesia, terkhusus Sumsel, sudah memulai cleanup dan pilah sampah. Saya bersama teman-teman, merupakan sukarelawan bukan benar-benar dari suatu komunitas. kami sukarelawan, melakukan ini dengan ikhlas dengan harapan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.” tuturnya.

Baca Juga  Herman Deru Ajak Generasi Muda Sumsel Jadi Petani

Dirinya pun menuturkan bahwa menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bagi semua pihak agar dapat hidup berdampingan baik dengan alam.

“Harapan kita semua melalui kegiatan ini, bisa menjadi sebuah pesan bagi kita bukan hanya masyarakat menjaga lingkungan, itu merupakan tanggung jawab sebagai manusia, kita akan selalu berdampingan dengan alam.” pungkasnya. (ril/ohs)