H. Nasrun Umar (HNU), Sekda Sumsel
Dodi Reza, Bupati Kabupaten Musi Banyuasin
Hidupkan Pariwisata, Pemkab Muba Dorong Pengembangan Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari
Hidupkan Pariwisata, Pemkab Muba Dorong Pengembangan Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari

Hidupkan Pariwisata, Pemkab Muba Dorong Pengembangan Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari

InilahSumsel.com, Musi Banyuasin — Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini masih melanda, tentunya sangat melumpuhkan semua sektor, termasuk sektor pariwisata. Tidak ingin sektor pariwisata tenggelam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar), mendukung secara penuh sektor pariwisata Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari di Kecamatan Jirak Jaya.

Bupati muba, Dodi Reza, melalui Kepala Dispopar, M. Fariz, S.STP., mengatakan, sektor pariwisata saat ini juga terkena efek dari pandemi Virus Corona atau Covid-19. Oleh karena itu, dirinya bersama Camat Jirak Jaya dan Kades Jerambah Gantung, berdiskusi mengenai bagaimana caranya membangkitkan kembali sektor usaha pariwisata di Muba, setelah lama vakum akibat pandemi tersebut.

“Ya, di Kecamatan Jirak Jaya ini ada Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari. Kedua potensi wisata ini, sebelum pandemi banyak dikunjungi. Memaski pandemi, sudah mulai berkurang pengunjungnya. Oleh karena itu, tempat ini wajib kita dukung untuk terus berkembang.” kata M. Fariz, S.STP.

Baca Juga  Waspadai Bencana Alam, Dodi Reza Cek Kesiapan Personil di Muba

Dalam menghidupkan sektor pariwisata, pihaknya menawarkan kepada camat untuk membuat sebuah event seperti festival atau perlombaan dalam bentuk promosi pariwisata di Kecamatan Jirak Jaya. “Kita akan dukung terus, selagi itu untuk perkembangan pariwisata di Bumi Serasan Sekate.” ungkapnya.

Selain itu, Dispopar Muba juga menyalurkan bantuan masker dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pelaku usaha pariwisata terdampak Covid-19 di Muba. “Total ada lebih dari 1.000 masker yang akan dibagikan nantinya untuk pelaku pariwisata.” jelasnya.

Sementara itu, Camat Jirak Jaya menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat Dispopar Muba dalam menghidupkan potensi pariwisata di era new normal. Setelah ini, pihaknya berharap, adanya sinergitas antara Dispopar Muba dan Pemerintah Kecamatan untuk pengembangan potensi wisata desa menjadi destinasi unggulan di Muba.

Baca Juga  Upgrade Usaha Mikro, Pemkab Muba Bagi Bentor Hingga Pinjaman KUR 10 Juta Rupiah

“Pemerintah Kecamatan akan berupaya menyelenggarakn event tahunan, seperti menggelar parade budaya masing-masing desa, tentunya bekerja sama dengan Dispopar Muba. Apabila potensi pariwisata di Kecamatan Jirak Jaya sudah dikenal, maka event tersebut bukan tidak mungkin akan diselenggarakan setiap tahunnya.” ungkap Yudi Suhendra, S.E., M.Si., Camat Jirak Jaya. (ohs)

H. Hendri Zainuddin, Ketua KONI Sumsel

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *