Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Inovasi Muba Bergeraks Pecahkan Rekor MURI

InilahSumsel.com, Muba — Tidak hanya fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur dan inovasi lainnya saja yang dilakukan Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza, namun komitmen mewujudkan daerah dan warga yang sehat juga menjadi prioritas yang utama.

Seperti yang dilakukan Dodi Reza pada hari Kamis tanggal 19 November 2020, dimana bertepatan dengan Hari Toilet Sedunia. Kepala Daerah Inovatif Indonesia Tahun 2020 ini melakukan gebrakan yang luar biasa, yakni membongkar seluruh bong di Kabupaten Muba dan memfasilitasi toilet untuk warga.

Mewujudkan kabupaten sehat memerlukan dukungan berbagai pihak, juga harus diperhatikan sanitasi berbasis masyarakat. Termasuk kebiasaan buang air besar di sungai yang harus di rubah karena ini menyangkut kualitas kesehatan dan kehidupan masyarakat.

“Kita komitmen mewujudkan Muba Zero persen Open Defecation Free (ODF), tidak ingin warga Muba masih ada yang Buang Air Besar (BAB) Sembarangan, jadi hari ini seluruh bong di Muba kita bongkar dan warga harus BAB di toilet yang layak,” ungkap Dodi Reza.

Lanjutnya, di tahun 2021 mendatang, Muba harus bebas dari bong dan semua warga Muba hingga ke daerah pelosok di fasilitasi toilet yang layak. “Alhamdulillah juga gerakan pembongkaran bong ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), dan saya targetkan tahun 2021 tidak ada lagi bong yang berdiri di pinggiran sungai,” tegasnya.

Baca Juga  Sumsel Peringkat Kedua Pelaksanaan Sensus Nasional

Dodi juga menambahkan, akan mengadakan Lomba Toilet paling bersih untuk OPD. “OPD dengan toilet paling bagus, paling bersih dapat penghargaan dan TPP kita naikkan.” katanya.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, dr. Imran Agus Nurali, SPKo, mengapresiasi gerakan inovasi Muba Bergeraks (Muba Bebas Berak Sembarang) yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba dibawah kepemimpinan Bupati Muba, Dodi Reza.

“Ini gerakan yang sangat luar biasa, tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan namun gerakan ini langkah konkrit menjaga kesehatan warga masyarakat Muba, dan gerakan Muba ini sudah curi start demi kesehatan warganya,” tegasnya.

Menurutnya, gerakan pembongkaran bong yang dilakukan Pemkab Muba ini dapat diikuti daerah lainnya di Indonesia sebagai upaya gerakan nyata mewujudkan lingkungan yang bersih dan menjaga kesehatan warga. “Terus terang saya takjub dengan Muba, Kabupaten ini sangat bersih dan menjaga lingkungannya,” bebernya.

Senada dikatakan Duta Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Indonesia, Ike Nurjanah. Ia mengaku, apa yang telah dilakukan Kabupaten Muba dengan program pembongkaran bong langkah konkrit menghilangkan kebiasaan BAB sembarang. “Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Muba, terlebih memiliki kepala daerah seperti pak Dodi Reza yang sangat komitmen menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan warganya,” tandasnya.

Baca Juga  Pemkab Muba Siap Alih Fungsi Rusunawa Jadi Rumah Sehat

Senior Manager MURI, Awan Raharjo, Mengapresiasi pencapaian yang inovasi yang dilakukan Bupati Muba. MURI mengapresiasi dan mencatat sebuah prestasi, karya dan karsa yang superlatif yaitu bentuk kegiatan bisa bersifat massal, ataupun bentuk kegiatan yang bersifat luar biasa seperti ini. Untuk meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat dengan bentuk kegiatan inspirasi yang positif, yaitu dengan dilaksanakan pembongkaran 782 bong atau jamban terapung.

“Sungguh suatu yang luar biasa, dan di harapkan kedepannya Muba menjadi zero ODF dan masyarakat muba memiliki kualitas kesehatan untuk bersanitasi. Atas capaian tersebut, MURI, menganugerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemkab Musi Banyuasin.” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *