Sumsel Maju Untuk Semua
Arniza Nilawati (foto tengah), Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan.
Arniza Nilawati (foto tengah), Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan.

Komite IV Usulkan 10 RUU Inisiatif DPD RI

InilahSumsel.com, Jakarta — Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Rapat Pleno membahas draft Jadwal dan Program Kerja Komite IV Masa Sidang I Tahun Sidang 2019-2020 di Gedung DPD RI, Jakarta, hari Selasa tanggal 15 Oktober 2019.

Anggota Komite IV DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan, Arniza Nilawati, S.E., M.M., menjelaskan, dalam rapat tersebut disepakati bahwa Komite IV mengusulkan 10 Rancangan Undang-Undang (RUU) sebagai Inisiatif DPD RI Tahun 2019.

“Dalam rapat tadi, kita sepakat ada sepuluh RUU yang akan dibahas. Sepuluh RUU itu adalah tentang Penyusunan Pertanggungjawaban APBN dan APBD, RUU Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, RUU Sistem Perencanaan dan Peanggaran Daerah, RUU tentang Perubahan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, RUU tentang Pengelolaan Barang Daerah, RUU tentang UMKM, RUU Tentang Lembaga Keuangan Syariah, RUU Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, serta RUU Investasi Penanaman dan Permodalan Daerah.” ungkap Arniza Nilawati.

Baca Juga  Anggota Termuda, Jialyka Maharani Pimpin Sidang Paripurna DPD RI

Sebagai Alat Kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, masih kata Arniza Nilawati, Komite IV DPD RI mempunyai lingkup tugas pada rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN, Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, Memberikan Pertimbangan Hasil Pemeriksaan Keuangan Negara dan Pemilihan Anggota BPK, Pajak, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Lingkup tugas Komite IV sebagai mana dimaksud, dilaksanakan dengan memperhatikan urusan daerah dan masyarakat yang meliputi APBN, Pajak dan Pungutan Lain, Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, Pertimbangan Hasil Pemeriksaan Keuangan Negara dan Pemilihan Anggota BPK, Lembaga Keuangan, Koperasi, dan UMKM.” tuturnya.

Baca Juga  Uji Sahih RUU PPAD, Siska Marleni : "Peningkatan PAD Ruh Pembangunan Nasional"

Anggota DPD RI yang juga tiga puluh tahun menjadi Dosen Fakultas Ekonomi itu, meminta do’a dari masyarakat agar dapat menjalankan amanah dengan baik, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi peningkatakan kesejahteraan masyarakat dan daerah.

“Saya mohon do’a dari masyarakat agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan baik dan benar guna kepentingan masyarakat banyak.” pinta Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang itu. (ohs)

Cucian Motor Bekisar Merah

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *