Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
H. Hendri Zainuddin, S.Ag., S.H.,
H. Hendri Zainuddin, S.Ag., S.H.,

KONI Sumsel Minta OKU Selatan Matangkan Persiapan Teknis Terkait Pelaksanaan Porprov 2021

InilahSumsel.com, OKU Selatan — Pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menghimbau agar tuan rumah Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan mematangkan persiapan teknis untuk opening, closing, dan persiapan venue 10 Cabang Olahraga (Cabor), termasuk tambahan Cabor baru yang diamanatkan oleh Ketua KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, yakni Cabor Angkat Besi.

Seperti diketahu, semula OKU Selatan akan menjadi tuan rumah untuk 9 Cabor yakni Voli Pantai, Balap Sepeda, Motor Race, Dayung, Karate, Panjat Tebing, Biliar, Sepatu Roda, dan Arung Jeram. Sebelumnya, adao 10 Cabor, namun Cabor Taekwondo batal digelar di OKU Selatan.

Maka dari itu, dalam kunjungai ke OKU Selatan pada 27-29 Juli 2021, Ketua KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, dan rombongan yang diterima oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) OKU Selatan, Ahmad Yani, dan Ketua KONI OKU Selatan, Windya Alhadipura, dan jajaran, meminta agar OKU Selatan untuk menambahkan Cabor Angkat Besi.

“Sejauh ini, kami apresiasi Pemerintah Kabupaten dan KONI OKU Selatan. Sebab yang paling semangat adalah OKU Selatan.” ujar Hendri Zainuddin.

HZ, sapaan akrab dari Hendri Zainuddin, meminta agar ke depan, KONI Sumsel dan juga KONI OKU Selatan bersama Dispora OKU untuk terus melakukan komunikasi, terutama hal-hal yang bersifat teknis dan persiapan 10 Cabor yang dipertandingkan serta opening dan closing Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) OKU Raya yang rencananya digelar November mendatang.

Baca Juga  Jaring Bibit Lokal U-12, Herman Deru Buka Liga Sriwijaya Fc

“Karena Taekwondo batal digelar di OKU Selatan, maka ada satu Cabor Angkat Besi kita minta digelar di OKU Selatan. Dalam pelaksanaannya, siapkan venue dan butuh 2 orang saja, sarana dan alat pertandingan kita dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang siapkan. Sementara Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, menyiapkan venue.” katanya.

Menanggapi kondisi tersebut, Ketua Umum KONI OKU Selatan, Windya Alhadipuro, mengatakan, sesuai arahan Ketua KONI Sumsel agar semua yang menjadi tanggungjawab dari OKU Selatan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan agar dikomunikasikan.

“Saya targetkan, awal Agustus nanti semua persiapan di OKU Selatan sudah fix secara teknis. Karena kami ada tiga tugas yakni membina atlet mengejar prestasi, sukses menjadi tuan rumah, dan juga mempromosikan potensi wisata di Ranau, serta menyiapkan teknis opening dan closing. Juga soal teknis home stay, penginapan, dan hotel yang harus dipersiapkan.

Dirinya pun menyanggupi untuk mendetilkan hal-hal yang terkait dengan persiapan secara teknis. “Kami siap mendetilkan dan siap jadi tuan rumah Angkat Besi.” ujarnya.

Baca Juga  Sriwijaya FC Buka Pendaftaran Klub Internal

Sementara itu, Kadispora OKU Selatan, Ahmad Yani, mengatakan, pihaknya fokus mempersiapkan venue 10 Cabor dan juga opening serta closing yang dianggarkan sebesar 1,2 miliar dan hal ini masih perlu dilakukan pembahasan lagi secara mendetil.

Seperti diketahui, sebelumnya ada 33 Cabor yang dipertandingkan di Porprov OKU Raya. Antara lain yakni Renang, Kempo, Wushu, Panahan, Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Basket, Futsal, Tinju, Tenis Meja, Sambo, Bola Tangan, serta Wood Ball, di Kabupaten OKU. Sedangkan di OKU Timur yaitu Atletik, Pencak Silat, Sepak Bola, Bola Voli Indoor, Catur, Sepak Takraw, Senam, Menembak, Bridge, dan Muaythai, serta ditambah dengan Hoki dan E Sport. Cabor di OKU Selatan yaitu Voli Pantai, Balap Sepeda, Motor Race, Dayung, Karate, Panjat Tebing, Biliar, Sepatu Roda, Arung Jeram, dan Angkat Besi. (*)