Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

KPU Sumsel Apresiasi Parpol Taat Aturan Penyerahan Dana Kampanye

PALEMBANG — Sebanyak 16 Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilihan Umum Anggota Legislatif Tahun 2019, telah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada hari Rabu tanggal 2 Januari 2019 di Ruang Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Atas selesainya proses penyerahan LPSDK itu, KPU Sumsel mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh parpol karena telah mengikuti tahapan yang telah ditetapkan. Karena, dengan adanya laporan itu, pihaknya dan masyarakat dapat mengetahui dana yang masuk dan keluar dari peserta pemilu.

“Dari 16 Parpol yang sudah menyerahkan LPSDK, PDI Perjuangan tertinggi Penerimaan Sumbangan Dana Kampanyenya. Kemudian diikuti oleh Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Golkar.” kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi, hari Kamis tanggal 3 Januari 2019.

Dia menambahkan, setelah semua proses dinyatakan selesai, maka laporan tersebut akan diserahkan kepada KPU Republik Indonesia dalam waktu dekat.

Baca Juga  Bersama Kader dan Warga, HANURA SUMSEL Gelar Peringatan Hari Kemerdekaan RI

“Dalam waktu dekat, hasil ini akan langsung diserahkan kepada KPU RI. Setelah ini LPSDK ini, akan ada laporan terakhir yang harus diserahkan oleh peserta pemilu. Bulan April mendatang, sudah harus diserahkan.” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Penyusunan LPSDK Partai Hati Nurani Rakyat, Raudi Ardiansyah, S.Psi., menjelaskan bahwa Total sumbangan partainya yakni 2.089.989.500. Total sumbangan itu berasal dari caleg yang tersebar di 10 Daerah Pemilihan (Dapil).

“Kami berkomitmen untuk taat pada aturan yang telah ditetapkan oleh KPU. Sudah kami serahkan, tiga rangkap LPSDK kepada KPU Sumsel dengan total nominal sumbangan yakni dua miliar lebih yang berasal dari caleg-caleg yang ada di berbagai dapil di Sumsel.” jelasnya.

Sekedar informasi tambahan, LPSDK adalah pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima oleh peserta Pemilu 2019 dan Tim Kampanye Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 yang dialokasikan untuk Dana Kampanye, besaran dana kampanye yang bisa disumbangkan dari setiap Pihak telah diatur besarannya dalam pasal 327 ayat (1) dan ayat (2) Undang – undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu

Baca Juga  Komisioner KPU 16 Kabupaten dan Kota Dilantik, 1 Lagi Menyusul

Sumber dana Kampanye dari Partai Politik yaitu Parpol Peserta Pemilu dan dari Calon Anggota DPR dan DPRD, Sumber Dana DPD, yaitu dari Calon DPD itu sendiri, untuk Presiden dan Wakil Presiden sumber dananya dari Pasangan Calon serta Parpol Pengusung dan Sumber dana dari Pihak lain yang diatur PKPU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *