Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Muba Maju Berjaya
Bantuan Kuota Data Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (foto : IST
Bantuan Kuota Data Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (foto : IST)

Kuota Internet Bantuan Kemendikbud Cair, Begini Cara Cek

Bantuan Kuota Data Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (foto : IST
Bantuan Kuota Data Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2020. (foto : IST)

Jakarta — Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi mencairkan bantuan kuota internet bagi masyarakat pengguna Telkomsel dan XL mulai hari Kamis tanggal 11 Maret 2021.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Republik Indonesia, Hasan Chabibie, menjelaskan, nanti masyarakat akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi dari operator masing-masing.

“Akan ada kiriman notifikasi dari para provider berupa SMS. Selain itu, bisa juga di cek di aplikasi operator masing-masing.” katanya, seperti dikutip dari kompas.com pada hari Kamis tanggal 11 Maret 2021.

Meski sudah resmi disalurkan, Hasan Chabibie mengungkapkan, penyaluran bantuan tidak seluruhnya serentak pada hari ini. Ada waktu tiga hari hingga 15 Maret 2021 guna penyaluran bantuan tersebut. Sehingga bagi yang belum menerima, kemungkinan akan menerima besok atau lusa.

Sementara itu, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, menuturkan, pengguna XL bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi myXL, AXISnet, atau myXLprio.

“Cara lainnya yaitu melalui UMB *123#. Lalu pilih 7. INFO > pilih 1. Info kartu XL-ku > pilih 6. Info paket > pilih 3. Terus belajar. Atau singkatnya/shortcut-nya *123*7*1*6*3#,” kata dia.

Sedangkan untuk pengguna Telkomsel, bisa melakukan pengecekan dengan mengakses menu *363#. “Atau bisa juga melalui aplikasi Telkomsel.” ujar Manager Media Relation di Telkomsel, Kurnia Purwanto.

Penerima bantuan ini yakni peserta didik dari jenjang usia dini, dosen, hingga mahasiswa. Rinciannya yaitu 7 GB per bulan untuk jenjang Usia Dini, Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 10 GB per bulan, Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB per bulan, Dosen dan Mahasiswa: 15 GB per bulan. Kuota internet ini tidak bisa digunakan untuk mengakses Twitter, Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Hasan Chabibie menghimbau masyarakat yang ingin menerima bantuan ini tetapi belum terdaftar, untuk segera menghubungi instansi sekolah masing-masing. Nantinya pihak pimpinan atau operator satuan pendidikan, tinggal mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor yang baru pada halaman http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD, dikdas, dan dikmen), http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi), dan untuk informasi terkait bantuan kuota Kemdikbud, masyarakat bisa mengakses laman http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. (ohs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.