Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Melalui JARKOM, Kemenkominfo Fokus Benahi Kualitas Informasi

InilahSumsel.com, Jakarta — Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Johnny G. Plate, melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) selaku pengemban tugas dan fungsi sebagai Government Public Relation (GPR), terus membenahi kualitas informasi terkait kebijakan dan penyelenggaraan tugas pemerintah.

Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan Program JARKOM (Jadi Pinter Bareng Kominfo Newsroom), sebuah rangkaian pelatihan jurnalistik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Dimana pada tahun ini, JARKOM sudah dilaksanakan sebanyak tiga volume. Setiap volume terdapat lima topik berbeda. JARKOM volume 3 berlangsung pada tanggal 7 hinggal 14 Desember 2020.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, JARKOM hadir dengan mekanisme webdinar dan bisa disaksikan melalui Channel Youtube Ditjen IKP Kominfo. JARKOM merupakan tindak lanjut penguatan fungsi GPR yang dituangkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menginstruksikan kepada para meneteri, kepala lembaga non kementerian, gubernur, dan wali kota serta bupati, untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan dari masing-masing kementerian dan lembaga dalam rangka mendukung pelaksanaan komunikasi publik.

Baca Juga  RDP Soal Djoko Tjandra, Aziz Syamsuddin Tetap Ikuti Aturan

Direktur Jenderal (Dirjen) IKP, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, mengatakan, melalui JARKOM, Kemenkominfo memfasilitasi ASN pengelola media instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mengembagnkan kemampuan teknisnya dalam mengelola dan menghasilkan informasi pada instansi masing-masing. Mulai dari mempersiapkan peralatan produksi yang ideal, hingga meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten, penanganan media, pembuatan rilis, dan pengelolaan media.

“JARKOM menjadi sarana yang tepat bagi ASN untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan kanal informasi di masing-masing instansi.” katanya saat membuka JARKOM Volume 3 sesi terakhir secara online dari Jakarta, pada hari Senin tanggal 14 Desember 2020.

Dia menambahkan, JARKOM volume 1 dan 2 yang digelar sebelumnya, mendapatkan sambutan yang positif. Sebagai tindak lanjutnya, JARKOM volume 3 digelar di Desember 2020. Terdapat lima topik yang disiapkan, yakni Komik Strip ala pemerintah, mengemas berita pilkada dan pelayanan publik, mengemas kebijakan pemerintah dalam tulisan feature, pengelolaan media sosial, dan sesi terakhir ditutup dengan topik program berita di studi televisi.

Baca Juga  Ketua Dewan Pers : "Kehadiran siberindo.co Bawa Harapan Baru"

Di sesi ini, Kemenkominfo mengajak ASN untuk belajar memproduksi program TV, teknik presenting program televisi, dan melakukan set-up peralatan dalam studio untuk produksi siaran berita. Setiap topik dibahas oleh narasumber Kominfo Newsroom dan Praktisi Media. “Kita dituntut untuk membuat karya, bukan kerja. Yaitu karya dari GPR milenial yang dapat mengkomunikasikan berita-berita positif dari pemerintah kepada publik.” kata Prof. Dr. Widodo Muktiyo. (*)

About Redaksi InilahSumsel.com

Redaksi InilahSumsel.com
Jln. TPH Sofyan Kenawas RT. 16 RW. 05 Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang. E-mail : redaksiinilahsumsel2018@gmail.com. Facebook : InilahSumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *