Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
Hut Bhayangkara Tahun 2021
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, yang juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga, didampingi Bupati Muba dan Ketua TP. PKK Muba. (foto : Humas Pemkab Muba)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, yang juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga, didampingi Bupati Muba dan Ketua TP. PKK Muba. (foto : Humas Pemkab Muba)

Menteri PPPA Apresiasi Perda Pencegahan Perkawinan Anak di Muba

InilahSumsel.com, MUSI BANYUASIN — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, yang juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga, mengapresiasi bakal Peraturan Daerah (Perda) Pencegahan Perkawinan Anak di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA).

Menyusul rancangan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Muba) menindaklanjuti Kerja Sama (MoU) dengan Pengadilan Agama MUBA. Penandatanganan MoU antara Bupati MUBA, Dodi Reza, dengan Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Qorik Agustian, S.Ag., M.Ag., berupa sinergi perlindungan perempuan dan anak dalam konteks mencegah Perkawinan Anak. Kerja sama ini dilakukan di sela acara Peresmian serta Pengukuhan Pengurus Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga Rumah Cinta) periode 2020-2023, di Opproom Pemkab Muba, pada hari Rabu tanggal 9 Juni 2021.

“Kami sangat apresiasi, Kabupaten Muba sudah melakukan komitmen bakal menerbitkan Perda Pencegahan Perkawinan Anak. Kami berharap, Perda ini tidak hanya menjadi dokumen, tapi diimplementasikan dalam menekan angka perkawinan anak.” ujar Menteri PPPA.

Dirinya juga menyampaikan, di tengah pandemi COVID-19 ini, terdata di tahun 2020 ada 64 ribu dispensasi perkawinan pada anak.

Baca Juga  Camat Plakat Tinggi dan Warga Gotong Royong Perbaiki Rumah Korban Hujan Deras dan Angin Kencang

“Keadaan ini sangat miris dan harus jadi perhatian kita bersama. Perkawinan anak sangat berdampak pada sektor kehidupan, ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan. Muba sudah ambil langkah cepat dengan meneken kerja sama. Kami sangat mendukung langkah ini.” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga meresmikan Puspaga Rumah Cinta di Kabupaten Muba. Peresmian ditandai dengan penandatanganan pada papan nama Puspaga Rumah Cinta.

“Puspaga ini punya peranan penting dan perlu kita dorong. Keberadaan Puspaga ini mengedukasi masyarakat, bagaimana keluarga menjadi pendidik utama. Saya ucapkan selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan, saya yakin di tangan Bu Thia Yufada, peran Puspaga akan terimplementasi dengan baik, sudah terbukti beliau sebagai Ketua TP. PKK dan Ketua Dekranasda, mampu kerja nyata dalam pemberdayaan perempuan.” ucapnya.

Bupati Muba, Dodi Reza, bersyukur atas apresiasi yang diberikan pemerintah pusat melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) terhadap kebijakan komitmen bersama MoU dengan Pengadilan Agama tersebut.

Baca Juga  Pemkab Muba bersama TNI-POLRI Perkuat Prokes di Pasar Tradisional

“Kita tidak memungkiri, jika kasus pernikahan pada anak di daerah masih saja terjadi. Bahkan, menjadi isu nasional. Maka dari itu, dengan adanya komitmen bersama ini, diharapkan dapat menekan angka pernikahan dini.” harap Dodi Reza.

Dodi Reza juga mengatakan, dengan telah dikukuhkan pengurus Puspaga Rumah Cinta di Kabupaten Muba, diharapkan dapat mengedukasi warga agar jadi pelopor kesetaraan gender dan melakukan pendampingan terhadap keluarga, dengan melaksanakan kegiatan baik yang primer maupun tersier, sesuai rencana aksi program Puspaga.

“Kita semua berharap, keberadan Puspaga Rumah Cinta, mampu memberikan pembelajaran serta sebagai konsultan dalam membangun keluarga sejahtera di Kabupaten Muba.” pungkasnya. (*)